Thursday 25 June 2020

Pembangunan Pabrik Semen, Untuk Apa?





Sumber: www.google.com

Kanisius Teobaldus Deki
Staf Pengajar STIE Karya, Peneliti Lembaga Nusa Bunga Mandiri

Saat ini wacana tentang pembangunan Pabrik Semen di Lingko Lolok dan Luwuk, desa Satar Punda, Kecamatan Lambaleda sangat kencang, menimbulkan kekisruhan. Pertentangan-pertentangan terasa di mana-mana dalam ruang publik. Saling serang merupakan situasi yang terang benderang dipamerkan dalam perdebatan publik. Argumentasi-argumentasi yang dibangun berbasis pada kepentingan masing-masing pihak yang melatarinya.

Kedua belah pihak, pemerintah dan masyarakat memunyai konsep-konsep yang ingin dimenangkan. Di satu sisi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) memiliki landasan pijak pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan maksimal potensi wilayah yang dimilikinya. Beroposisi pada konsep Pemkab, masyarakat (dengan berbagai kategori: pemilik lahan, pemerhati lingkungan, insitusi swadaya masyarakat, institusi agama dan elemen-elemen lain) terpecah belah. Ada yang menerima, tak sedikit juga yang menolak rencana itu.

Artikel ini merupakan sebuah kajian yang bertujuan membangun dasar epistemologis pilihan sikap kita dalam menganalisis kebijakan pembangunan.

Konsep Pembangunan
Pembangunan daerah menjadi alasan utama dalam menentukan pilihan sikap Pemkab Matim untuk menerima tawaran investor untuk melakukan investasi. Logika yang dibangun adalah keterhubungan antara terciptanya lapangan kerja, keterserapan tenaga kerja,  pendapatan per kapita naik dan kemakmuran ekonomi menjadi muara akhir dari pembangunan itu. Logika ini merupakan sebuah upaya merealisasikan visi, misi dan program kerja dengan tujuan final (final goal) bahwa akhirnya masyarakat yang mereka pimpin mencapai kesejahteraan.

Pembangunan pada hakikatnya memiliki dua unsur penting; pertama, masalah materi yang mau dihasilkan dan dibagi, bersemuka dengan hal kedua, masalah manusia yang menjadi pengambil inisiatif dan sekaligus menjadi subjek dari pembangunan itu. Sebab, bagaimanapun juga, pembangunan tidak hanya sampai pada jumlah produksi dan distribusi barang-barang material, lebih dari itu pembangunan harus berkiblat pada pemerdekaan manusia dalam segala aspeknya. Manusia adalah dasar sekaligus alasan pembangunan sehingga segala dimensinya harus dihiraukan.
Pemerintah dalam alur logis pembangunan adalah pihak yang secara legal mendapatkan mandate dari rakyat untuk memenuhi tujuan pembangunan. Ia memiliki kekuasaan yang sah (legal power) mengimplementasi program pembangunan bagi rakyatnya. Melalui legitimimasi kekuasaan itu, termasuk di dalamnya ia memiliki kekuatan yang memaksa.

Dalam wacana pembangunan mondial, muncul dua persepsi teoretik tentang perubahan sosial (social exchange) dalam pembangunan, yakni teori modernisasi dan teori dependensi. Teori modernisasi berupaya memperlihatkan kesenjangan antara Negara maju dan Negara berkembang. Solusi untuk melakukan percepatan pembangunan adalah dengan memberikan bantuan kepada Negara-negara berkembang dalam banyak hal untuk mengejar ketertinggalannya.

Setelah sekian lama berjalan, para ekonom melihat bahwa konsep ini membawa kebergantungan Negara berkembang kepada Negara maju, bahkan muncul Negara-negara yang terkebelakang (the development of underdevelopment) akibat modernisasi yang dicanangkan melalui pelbagai bantuan dari Negara maju untuk Negara berkembang. Teori Dependensi mengatakan bahwa kebergantungan terhadap Negara maju dan pemilik modal menyebabkan perangkap kemiskinan (the vicious circles) yang tak terelakkan. Karena itu, membebaskan diri dari ketergantungan adalah jalan yang harus dipilih untuk menjadi sejahtera.

Dua konsep teoretik itu diterjemahkan oleh para pengambil kebijakan baik pada level Negara maupun dalam skala kecil, di daerah-daerah.

Mencari Solusi Bersama
Jika ditilik, terdapat tiga kelompok yang saling memberi pengaruh dalam wacana pabrik semen di Matim. Pertama, aliran developmentalis. Kelompok ini berusaha mencari jalan keluar atas masalah perekonomian kabupaten Manggarai Timur yang masih masuk dalam kategorisasi daerah tertinggal baik Perpres nomor 113 Tahun 2015 maupun Perpes nomor 62 Tahun 2020 bersama 13 kabupaten lain di NTT. Dalam situasi ini alasan yang sangat dasariah bagi Pemkab Matim mencari segala daya upaya untuk membebaskan rakyatnya keluar dari kertinggalan. Diharapkan, dengan adanya pabrik semen ini, ada penyerapan tenaga kerja yang memberi pengaruh pada adanya pendapatan pada masyarakat.

Kedua,  aliran ekosentrisme. Aliran ini peduli pada lingkungan hidup. Pembangunan tetap boleh dilakukan asalkan tidak merusak lingkungan dan ekosistem yang ada di dalamnya. Karenanya, kehidupan yang selaras alam adalah hal utama. Diskusi pertumbuhan ekonomi bukanlah hal yang paling penting. Sektor-sektor yang harus digenjot menurut aliran ini adalah ekowisata berbasis pertanian organik.
Ketiga,  aliran antroposentrisme. Aliran ini mengutamakan masa depan manusia dan turunannya. Menurut aliran ini, manusialah tujuan dan pusat pembangunan. Pembangunan tidak boleh merusak harkat dan martabat manusia. Kemajuan pembangunan tidak boleh menciderai manusia.

Apapun aliran yang memberi pengaruh pada setiap pewacanaan, pertentangan pendapat bukanlah tujuan. Diskursus rasional hanyalah medium kita mengambil keputusan yang tepat dan mengakomodir kehidupan yang layak dan bermartabat.

Dari indicator tentang daerah tertinggal yang berbasis 6 (enam) aspek, antara lain: perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik daerah, Kabupaten Manggarai Timur berturut-turut berada di posisi daerah tertinggal. Suatu status yang ironis dihadapan fakta tanah Manggarai Timur yang subur dan branding kopinya yang sohor.

Semua pihak seyogianya berusaha memberikan kontribusi alternatif pemecahan atas masalah kemiskinan yang akut. Pemkab Matim membenahi sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan sebagai sektor unggulan yang berkontribusi dominan bagi Pendapatan Asli daerah (PAD). Lembaga-lembaga yang melakukan advokasi tidak menjadikan isu tambang dan semen sebagai lahan mengeruk keuntungan, melainkan ruang untuk mengubah ekonomi masyarakat sehingga mereka memiliki kemandirian dan kesejahteraan lahir-batin. Kekisruhan membahas rencana membangun pabrik semen di Matim menyadarkan kita bahwa pembangunan adalah usaha bersama untuk menyatukan semua energi pelbagai elemen dalam daerah, baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, agar Manggarai Timur keluar dari predikat tertinggalnya dan masyarakatnya sejahtera.***

(Dipublikasi pertama oleh Harian Umum Pos Kupang, edisi Jumat, 26 Juni 2020). 

62 comments:

  1. Dalam permasalahan ini pemerintah kabupaten manggarai timur sudah mengambil langkah yang benar yaitu merencanakan pembangunan pabrik semen demi kesejahteraan masyarakat kedepanya,tapi pertanyaan yang timbul pada saat ini adalah apakah nanti pada saat pabrik semen tersebut telah berdiri apakah bisa benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat??bagaimana caranya?
    Cara yang mungkin lazim didengar yaitu dengan penyerapan tenaga kerja lokal sehingga nantinya mereka bisa memiliki pekerjaan yang tetap pada pabrik semen tersebut,tetapi muncul lagi satu pertanyaan,apakah nantinya semua masyarakat yang terkait dalam hal ini bisa diserap semuanya untuk dijadikan pekerja dalam pabrik semen tersebut?jawabanya saya rasa tidak,karena dalam pabrik pembuatan semen dibutuhkan pekerja yang ahli dan mempunayi skil,kemungkinan besar nantinya yang terserap hanyalah mereka yang mempunyai skil seperti sopir dan tenaga kebersihan saja,tidak semuanya bisa di serap menjadi tenaga kerja,inilah yang menjadi dasar penolakan dari masyarakat akan berdirinya pabrik semen tersebut,belum lagi permasalahan lingkungan yang nantinya ditimbulkan oleh adanya limbah dari pabrik tersebut,dan juga kesenjangan bagi masyarakat yang kehilangan tanahnya,dari mana mereka mendapatkan penghasilan?apakah uang dari hasil jual tanah mereka bisa bertahan selamanya?bagaimana kedepanya?
    Menurut saya pemerintah perlu berpikir lebih matang lagi tentang dampak negatif dan positif dari pembangunan pabrik semen yang durencanakan tersebut..

    ReplyDelete
  2. (Timoteus Arlendo)

    ReplyDelete
  3. Dalam masalah ini, sebenarnya pemerintah harus bertindak lebih kritis dan berbuka mata untuk menyikapi masalah ini...karena pembangunan pabrik semen di Matim belum tentu bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat.ya memang kalau dilihat dari visi dan misi-nya bahwa kehadiran pembangunan pabrik tersebut akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat dimana masyarakat didalamnya akan diberikan bantuan secara tunai, memperkerjakan tenaga kerja, tetapi pertanyaannya apakah semua tenaga kerja akan dipekerjakan semua? Saya rasa tidak karena sebenarnya orang yang bekerja dalam suatu pabrik itu harus memiliki keahlian dan skill,, sementara banyak dalam masyarakat yang tidak punya keahlian dalam bidang tersebut dan skillnya lemah,,, lalu bagaimana cara mereka untuk menyejahterakan? Apakah dgn memberikan bantuan uang cuma2 kepada mereka yang tidak bisa bekerja? Kan tidak mungkin! Lalu bagaimana nasib mereka seterusnya apakah mereka bisa hidup selamanya dengan bantuan uang secara tunai yang diberi hanya sekian persen? Sya rasa tidak, karena disini yang mengalami keuntungan hanya pihak yang berkepentingan saja semntara rakyat yang tidak memiliki apa" menjadi tambah menderita.
    Disini pemerintah harus bertindak tegas jangan hanya memikirkan tentang kemajuan daerah matim tetapi tidak memikirkan kehidupan rakyat didalamnya.karena perjanjian untuk kesejahteraan masyarakat matim belum pasti bahkan mungkin itu hanya sebuah khayalan yang tak pernah terjadi. 🙏🙏
    ( Eliana Jelimun)

    ReplyDelete
  4. Dalam masalah ini pemerintah kabupaten manggarai timur harus mengambil langkah yang tepat serta kebijaksaannya dalam mengambil keputusan mengenai pembangun pabrik semen di matim.memang jika dilihat dari visi dan misinya bahwa tujuan pembangunan tersebut adalah mensejahterakan masyarakat.namun disisi lain akan muncul berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh pemerintah kabupaten manggarai timur, seperti apakah masyarakatnya sejahtera atau tidak,apakah lingkungannya terjaha,dan apakah alam disekitarnya dapat dilestarikan dengan baik atau tidak?. Kemudian lapangan kerja yang di sediakan nantinya apakah sesuai dengan kemampuan yang di miliki oleh masyarakat manggarai timur tersebut dan apakah tenaga kerja yang diangkut nantinya diambil dari daerah kabupaten manggarai timur atau tidak?, Nah disinilah yang akan menjadi pokok persoalan yang akan dialami nanti.jadi pemerintah kabupaten manggarai timur harus sebisa mungkin dapat bekerja sama yang baik dengan masyaraktnya agar tidak ada kesalapahaman dalam membangun pabrik semen tersebut. Pemerintah juga harus dapat memberikan jaminan/bukti yang dapat dipegang oleh masyarakat tujuannya agar pabrik tersebut tidak akan hancur ditengah usahanya, lalu pemerintah juga harus dapat membujuk atau mengambil hati para tuan tanah denagan jaminan dan bukti yang nyata/ tertulis agar tempat yang digunakan untuk membangun pabrik tersebut tidak akan menjadi persoalan bagi masyarakatnya.


    ( Fransiskus x. Syukur)

    ReplyDelete
  5. Dalam masalah ini pemerintah kebupaten manggarai Timur harus mengambil langkah untuk menyikapi masalah ini,karena belem tentu membangun pabrik semen dapat membawah kesejahtraab untuk masyarakat.Memang jika dilihat dari visi dan Misinya bahwah pembangunan pabrik semen itu dapat membantu masyarakat,karena membutuhkan tenaga kerja? Nah tetapi dalam pabrik tersebut hanya membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahliaan,maka pemerintah harus memberikan jaminan bagi masyarakat agar pabrik tersebut bisa berjalan lancar dan tidak menjadi masalah oleh madyarakat manggarai Timur.🙏🙏😊😊

    ReplyDelete
  6. Dalam masalah ini pemerintah kebupaten manggarai Timur harus mengambil langkah untuk menyikapi masalah ini,karena belem tentu membangun pabrik semen dapat membawah kesejahtraab untuk masyarakat.Memang jika dilihat dari visi dan Misinya bahwah pembangunan pabrik semen itu dapat membantu masyarakat,karena membutuhkan tenaga kerja? Nah tetapi dalam pabrik tersebut hanya membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahliaan,maka pemerintah harus memberikan jaminan bagi masyarakat agar pabrik tersebut bisa berjalan lancar dan tidak menjadi masalah oleh madyarakat manggarai Timur.🙏🙏😊😊

    ReplyDelete
  7. Menurut saya pembangunan pabrik semen ini dapat membantu kesejahteraan rakyat dalam arti tingkat hidup masyarakat lebih maju maupun taraf hidup hidup lebih bermutu.Dengan kata lain pembangunan ini bertujuan menyejahterakan rakyat diantaranya pembangunan pabrik semen ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan,dan keterserapan tenaga kerja sehingga dapat memberi pengaruh terhadap pendapatan masyarakat juga membebaskan rakyatnya keluar dari ketertinggalan.Tetapi disisi lain juga pemerintah harus memikirkan dampak dari pembangaunan tersebut misalkan memikirkan kerusakan lingkungan alam dan ekosistem didalamnya karena kehidupan yang selaras alam adalah hal yang utama.Maka dari itu pemerintah harus memikirkan lebih matang lagi dalam mengambil keputusan tersebut karena pembangunan ini bukan hanya ambil sisi posotifnya saja melainkan juga memikirkan sisi negatif terhadap lingkungan masyarakat sekitar.

    (HONORATA SARINA GABUT)

    ReplyDelete
  8. Dalam masalah ini,sebenarnya pemerintah sudah melakukan hal yang benar yaitu"Membangun pabrik semen diMatim"yang bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat untuk kedepannya.Dalam artian begini,melalui pembangunan pabrik semen tersebut bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,meningakatakan taraf hidup masyarakat serta meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat tersebut.Disis lain pemerintah juga harus berpikir"Apakah dengan melakukan pembangunan pabrik semen bisa mensejahterakan kehidupan masyarakat untuk kedepannya?kan belum tentu.Karena pada umumnya masyarakat memiliki banyak lahan untuk bercocok tanam.
    Jadi sebaiknya sebelum pembangunan pabrik semen tersebut dilakukan pemerintah harus memikirkan lebih matang lagi tentang rencana tersebut dan dampak yang timbul dari rencana tersebut.

    (DIANA HADIA)

    ReplyDelete
  9. Masalah pembangunan pabrik semen yang terjadi di kabupaten Manggarai Timur menjadi bahan diskusi bagi warga setempat.tetapi jika dilihat dari sisi positif pembangunan semen memegang peranan penting bagi pembangunan ekonomi daerah setempat seperti misalnya menciptakan lapangan pekerjaan,menstabilkan kesejahateraan masyarakar.akan tetapi harus bisa memperhatikan dampak negatif juga bagi daerah setempat...maka dari itu pemerintah dan warga setempat harus bisa berdiskusi mengambil keputusan terlebih dahulu mengenai rencana pembanguna pabrik semen agar tidak terjadi kerisuhan antara kedua belah pihak

    ReplyDelete
  10. Dalam masalah ini pemerintah kabupaten manggarai timur harus bisa mempertimbangkan secara matang dalam hal pembangunan pabrik semen yang akan didirikan tersebut.Seperti yang kita ketahui bahwa lahan yang akan menjadi tempat pabrik semen ini sebelumnya menjadi sumber penghasilan masyarakat setempat dari hasil pertanian.Hasil pertanian ini yang menjadi sumber penunjang kebutuhan masyarakat ditempat itu. Dilain sisi akan muncul berbagai pertanyaan mengenai pabrik semen ini apakah akan membuat masyarakat sejahtera atau sebaliknya?.Dari sudut pandang positifnya pabrik semen ini mampu menciptakan sebuah lapangan kerja baru sehingga mampu menyerap tenaga kerja lokal.Tetapi juga kita harus berpikir apakah tenaga kerja lokal ini memiliki skill/kemampuan untuk bekerja dilabrik semen tersebut.APabila tenaga kerja lokal tidak memiliki skill maka oromatis akan menyerap tenaga kerja yang berasal dari luar. Jadi ini merupakan salah satu faktor dimana masyarakat menolak didirikannya pabrik semen tersebut.
    (Vinsensia M.Intan)

    ReplyDelete
  11. Sebelumya Terima kasih banyak untuk ulasan diatas pak. Dari permasalahan tersebut yang saat ini menjadi bahan perbincangan masyarakat kebijakan yang diambil oleh pemerintah sangat baik. Dengan tujuan yang diinginkan oleh pemerintah yaitu untuk mensejahterakan masyarakat. Akan Tetapi, muncul pertanyaan dari masyarakat apakah kebijakan tersebut dapat terwujud nantinya? Dan bagaimana jika kebijakan pemerintah tidak terwujud? Dari Pembangunan pabrik semen tersebut hal yang ingin dicapai oleh pemerintah salah satunya memberikan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Akan tetapi seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak masyarakat Di Pedesaan yang tidak memiliki kemampuan atau hal ahli dalam pembuatan pabrik semen tersebut. Otomatis jika pertambangan semen tersebut dilanjutkan, maka pekerja yang bekerja Di pertambangan tersebut membutuhkan pekerja-pekerja yang benar-benar memiliki keahlian dibidang tersebut. Dan yang ada nantinya yang direkrut untuk bekerja ditempat tersebut orang-orang dari luar.
    (ESILIA SUSE)

    ReplyDelete
  12. Dilihat dari masalah yang terjadi saat ini,seharusnya pemerintah harus bisa bersikap kritis dan lebih bijaksana dalam mengambil suatu keputusan. Apabila pemerintah menyetujui adanya pendirian pabrik semen tersebut,maka yang akan terjadi masyrakat Matim akan kehilangan lapangan pekerjaan dan unsur keindahan budaya yang ada disana akan perlahan menghilang. Jika pembuatan pabrik semen tersebut dibuat maka akan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang lebih dan profesional,serta mampu menggunakan alat elektronik dengan baik,oleh sebab itu mereka akan merekrut tenaga kerja dari luar daerah dan bukan dari warga masyrakat Matim.Hal ini akan mempersulit warga daerah dalam memenuhi kebutuhanya, karena tdk ada lagi lapangann pekerjaan bagi mereka.Maka diharapkan bagi pemerintah untuk bisa bijak dalam mengambil sebuah keputusan.
    (Lusiana Afri)

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Dalam masalah ini,sebenarnya pemerintah harus bertindak lebih kritis untuk menyingkapi masalah ini.karena pembukaan pabrik semen dimanggai timur belum tentu bisa membawa kesejahteraan bagi masyaraka.memang sih dilihat dari visi dan misinya bahwa kehadiran pabrik semen akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.tetapi apakah masyarakat terjamin? Menurut saya tidak.Karena apa tidak mungkin semua masyarakat matin diperkerjakan semua dalam pabrik ini tentu yang pilih hanyalah orang yang mempuanyai skill saja.Oleh karena itu pemerintah harus bertindak tegas jangan hanya memikirkan kemajuan matim saja tetapi tidak memikirkan dampak bagi kehidupan masyarakat didalamnnya. ( listariana Setia)

    ReplyDelete
  16. Dalam masalah ini,sebenarnya pemerintah harus bertindak lebih kritis untuk menyingkapi masalah ini.karena pembukaan pabrik semen dimanggai timur belum tentu bisa membawa kesejahteraan bagi masyaraka.memang sih dilihat dari visi dan misinya bahwa kehadiran pabrik semen akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.tetapi apakah masyarakat terjamin? Menurut saya tidak.Karena apa tidak mungkin semua masyarakat matin diperkerjakan semua dalam pabrik ini tentu yang pilih hanyalah orang yang mempuanyai skill saja.Oleh karena itu pemerintah harus bertindak tegas jangan hanya memikirkan kemajuan matim saja tetapi tidak memikirkan dampak bagi kehidupan masyarakat didalamnnya. ( listariana Setia)

    ReplyDelete
  17. Dalam permasalahan di atas pemerintah harus bijak dalam mengambil sebuah keputusan..diman disini keputusan yang di ambil pemerintah membuat masyarakat tidak nyaman..karena adanya pertambangan tersebut membuat lahan mereka jadi rusak..jadi untuk pemerintah harus mempertimbangkan akan hal ini .

    (Maria karlina erfin)

    ReplyDelete
  18. Dalam masalah ini,sebenarnya pemerintah harus bertindak kritis,karena pembangunan pabrik semen di matim belum tentu membawa kesejatraan bagi masyarakat matim.Memang kalau dilihat dari visi misinya membawa kesejatraan bagi masyarakat dimana masyarakat didalamnya akan mendapatkan bantuan secara tunai,dan mempekerjakan tenaga kerja,
    Kalau menurut saya belum tentu semuanya berkerja dalam pabrik tersebut,yang ada hanya orang yang mempunya kempampuan dalam perkerjaan tersebut.dan juga masyarat menjadi tidak nyaman karena adanya pertambangan tersebut tentunya membuat lahan mereka jadi rusak..
    Sebagai permerintah harus mempertimbangkan lebih dahulu,jangan hanya memikirkan kemajuan pikir juga apa dampak yang akan terjadi jika pabrik itu ada.

    (Feni Novianti Putri)

    ReplyDelete
  19. Saya sangat senang membaca artikel dari bapak Nik deki..
    Salam semangat pak.

    ReplyDelete
  20. Penerpan program pabrik semen yang di terapkan oleh pemkab matim, menurut saya sudah sangat cocok untuk dijadikan pekerjaan yang bisa menambah pendapatan masyarakat matim. Namun pertanyaan dari saya pa? Yang masih bingung dengan keadaan ini adalah apakah semua masyarakat matim terlibat dalam program kerja ini,dan terlebih khusus bagi yang bukan pegawai ? Hal inilah yang menjadi pertentangan ( konflik ) dalam kehidupan ekonomi masyarakat matim, yang jika seperti demikian hanya sebagian yang merasakan sejahtera dan damai. Dalam hal ini alangkah baiknya jika pemkab matim juga menerapkan program kerja ekonomi yang bisa mencakup semua, misalnya ketersediaan pabrik dari hasil pertanian dan perkebunan, sehingga masyarakat matim bisa terlibat semua dalam kegiatan / kerja tersebut dan sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Namun apakah semuanya terlaksana baik?? Pembangunan ekonomi adalah hal mendasari pemerintah untuk menentukan topik kerja masyarakat serta menjadi tolok ukur kesejahteraan masyarakat matim. Ketersediaan lapangan kerja yaitu tema paling utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dan menambah pendapatannya. Olehh karena itu keduanya menjadi kolerasi yang kuat untuk meningkatkan kehidupan ekonomi dan mennsejahterakan masyarakat matim. Jadi, dalam hal ini diperlukan kebijakan pemerintah yang tepat dan masyarakat yang rajin dan berinisiatif.

    ( Laurensia Jelu , NPM : 20119020 )
    Tabe pa����

    ReplyDelete
  21. Dalam masalah ini peran pemerintah sangatlah penting terutama dalam mengambil keputusan berkaitan dengan pembangunan pabrik semen di matim menurut saya pemerintah dalam menyikapi masalah ini harus bisa terbuka dan kritis atas segala aspirasi masarakat yg setuju maupun tidak setuju atas pembangunan pabrik semen ini, supaya tidak terjadi konflik atau kerusuhan. Memang kalau dilihat dari sisi positifnya hal ini memberikan dampak yang cukup baik bagi masyarakat Matim dimana dengan dibukanya pabrik semen ini masyarakat bisa bekerja atau mendapatkan pekerjaan dengan itu masalah kemiskinan di Matim akan terselesaikan dengan masyarakat yang memiliki pendapatan.
    Tetapi juga harus lihat sisi negatif dari pembangunan pabrik semen ini, dan bagaimana supaya dampak negatif ini bisa ditangani agar tidak terjadi konflik antara masyarakat dan pemerintah.
    Yang paling penting disini adalah bagaimana cara agar dalam pembangunan pabrik semen ini memberikan dampak yg baik bagi masyarakat untuk kesejahtraan masyarakat Matim dengan mempertimbangkan dampak yg terjadi jika pabrik semen tersebut didirikan. Trimakasi😊

    (MARSELINA ASAT)

    ReplyDelete
  22. Program pembangunan pabrik semen yang ada di manggarai timur sbnarnya bisa saja membawa dampak yang positif yaitu demi menyejahterakan masyarakat sekitarnya. Namun dalam hal ini juga pemerintah harus memperhatikan dampak negatifnya di mana akan ada sebagaian lahan yang akan mengalami kerusakan apalagi lahan yang akan di gunakan untuk membangun pabrik semen tersebut merupakan lahan yang menjadi sumber penghasilan masyarakat setempat.jadi untuk permasalahan ini pemerintah jangan hanya berfokus pada pembangunan ekonomi di martim saja melainkan juga hrs memikirkan nasib dan keberlangsungan hidup warganya. Untuk itu pemerintah harus bisa membuat keputusan yang tidak merugikan ke dua belah pihak (pemerintah dan masyarakat itu sendri) karena dalam makna pembangunan ekonomi ini adalah keadilan sosial jadi tdk blh ada pihak yang dirugikan🙏🙏🙏
    TERIMA KASIH
    (KRISTINA NONA KAJO)

    ReplyDelete
  23. Dalam permasalahan ini pemerintah harus bertindak kritis,dalam pembangunan pabrik semen belum tentu membawa kesejahteraan bagi semua masyarakat di manggarai timur.karna tidak semua masyarakat bisa bekerja di pabrik semen tersebut.Tentunya orang yang bekerja dipabrik semen tersebut hanya orang tertentu saja dan di pilih oleh pihak perusahan.
    (Resty)

    ReplyDelete
  24. Dilihat dari masalah yang terjadi pemerintah sebenarnya harus cepat bertindak..maksutnya cepat menyelidiki kasus pabrik semen yang terjadi dimangari Timur ini..jangan sampai terjadi hal2 yang tidak di inginkan...karna tidak semua orang bisa berfikir jernih dan selalu berfikir positif...demi kenyamanan warga masyarakat di Matim...(EMILIA NURHYATI)

    ReplyDelete
  25. Sebenarx pemerintah harus selidiki yg lebih kritis dan pemerintah harus lebih matang dalam mengatasi membangun pabrik semen dimatim karena dasarx pemerintah untuk menentukan topik kerja masyarakat serta menjadi tolak ukur kesejateraan masyarakat di matim bagaimana kebijakan pemerintah terwujud untuk membangun pabrik semen apa bila pemerintah menyajukan itu maka masalah ini menjadi perbincanagan masyarakat di matim tapu muncul pertanyaan dari masyarakat ,apakah membangun pabrik akan terwujud?

    ReplyDelete
  26. Dalam masalah ini,pemerintah harus bertindak keras dalam membangun prusahaan pabrik semen dimanggarai timur....
    Dan pemerintah seharusnya juga mempertimbangkan apakah dengan adanya pabrik semen ini bisah menjamin kesejahteraan atau tidak bagi masyarakat dimanggarai timur tersebut. Karena yang kita tahu semua masyarakat mempunyai pekerjaan pokok masing" atau yang kita ketahui tidak semua masyarakat disitu mau bekerja di pabrik semen tersebut, apa lagi masyarakat mempunyai bidang kerja masing". Dan tentunya orang yg dipakai oleh perusahan tersebut hanya orang tertentu sajah...disini justru akan membawa hal negatif bagi masyarak tersebut.


    (KRISTOFORUS SUMARDI)

    ReplyDelete
  27. Dalam hal ini pemerintah kabupaten manggarai timur sudah menanganinnya. namun apakah ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat? Setidaknnya pemerintah harus memikirkin dampak positif dan negatif jika pembangunan pabrik semen akan dilakukan..menurut saya pembangunan pabrik semen ini sangat berpengaruh besar terhadap kebutuhan masyarakat untuk itu pemerintah harus memberikan kebijakannya berkaitan dengan pembangunan pabrik semen di manggarai timur.
    ( YULIANA Y. SERA)

    ReplyDelete
  28. Dalam masalah yg terjadi di Manggarai Timur seharusnya pemerintah bersikap lebih tegas terhadap pembangunan pabrik semen.Pembangunan pabrik semen memang sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.Di sisi lain pemerintah juga harus mempertimbangkan juga sisi negatifnya.karena lahan yg di gunakan untuk membangun pabrik semen juga separuh dari lahan pertanian para masyarakat manggarai.Jika lahan tersebut di gunakan semua maka masyarakat tidak bisa bercocok tanam dan tidak bisa bertahan hidup.Pembangunan pabrik semen juga mebutuhkan orang orang yg punya pengalaman dsn skill yg bagus.Tidak mungkin masyarakat manggarai bisa mengolahnya karena ada keterbatasan dalam hal tertentu.sebaiknya pemerintah harus lebih tegas dan l3bi bijaksana dalam mebuat keputusan yg tidak merugika kedua belah pihak.Agar masyarakat bisa hidup tenang dan sejahtera (Maria K. Ule)

    ReplyDelete
  29. Dalam permasalahan diatas pemerintah harus bijak dalam mengambil sebuah keputusan.dimna disini keputusan yang diambil pemerintah membuat masyarakat tidak nyaman..jadi untuk pemerintah mempertimbangkan akan hal ini.

    ReplyDelete
  30. Dilihat dari masalahnya pemerintah harus lebih bijaksana lagi dalam mengambil keputusan,memang kalau dilihat dari visi dan misinya sangat mensejatrakan seluruh rakyat manggarai terlebih khusus manggarai timur karna dengan membuka pabrik semen maka otomatis lapangan kerja baru terbuka lebar bagi mereka dan harga semen pasti menurun tidak seperti biasanya. Tapi apakah pemerintah bisa menjamin kebersihan limbah pabrik dan menjadi pencemaran lingkungan mungkin itu menjadi alasan sebagian besar masyarakat manggarai timur tidak menyetujui ide-ide pemerintah ,mungkin mereka takut dan kwatir lingkungan mereka tidak lagi bersih,udaranya banyak polusi sehingga meresahkan mereka.itu menurut pendapat dari saya ,kalau ada salah kata saya minta maaf. Tabe pa (MARSELINA NDAHUL .MANJMN SMSTR 2 )

    ReplyDelete
  31. Masalah yang terjadi di kb. Matim desa satar punda mengenai pembangunan pabrik semen yang sampe saat ini banyak pihak-pihak antra kaum pro dan kontra yang berbeda pendapat mengenai pembangnan tersbut namun dalam hal tersebut para pemarintah belum bisa mastikan pembangunan tersbut berjalan terus atau tidak.



    (DIONISIUS O. AGUNG)

    ReplyDelete
  32. Pembangunan pabrik semen dilingko lolok dan luwuk, desa satar punda, kecamatan lamba leda menurut saya kurang menguntungka bagi masyarakat dan belum tentu juga menguntungkan bagi masyarakat setempat.
    Jika mungkin dengan adanya pabrik bisa membantu masyarakat tersebut dalam terciptanya lapangan kerja didesa tersebut itu juga itu juga belum tentu menjamin kemakmuran ekonomi bagi masyarakat tersebut.
    Dan setidaknya pemerintah mempertimbangkan dan memikirkan dengan adanya pabrik ini apakah hanya hal positif yang akan terjadi, tetapi pemerintah juga memikirkan hal negatif dari pembangunan pabrik tersebut.


    (THEODORA APRILINDA ARDILA)

    ReplyDelete
  33. Masalah yang terjadi kb.matim desa satar punda mengenai pembangunan pabrik semen yang sampe saat ini banyak pihak-pihak antara kaum pro dan kontra yang berbeda pndapat mengenai pembangunan tersebut namun hal tersebut para pemerintah belum bisa memastikan pembangunan tersebut brjalan trus atau tidak.



    (Evaldus natanael)

    ReplyDelete
  34. Dalam hal ini pemda manggarai timur
    Tidak serta merta lansung menyetujui wacana tambang semen di lingko solok tampa memikirkan dengan keadaan masyarakat ,tapi menurut saya wacana pabrik semen itu seharusnya tidak perlu diijinkan karna semua kita pasti tahu kalau manggarai memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah seperti kopi cengkeh dll.seperti yang kita ketahui dalam hal untuk mensejahterakan masyarat salah satunya dengan melalukan kajian terhadap ekonomi pembangunan dimana ,salah satunya dengan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,dengan begitu salah satu langkah yang dilakukan oleh pemda manggarai timur ,dengan cara mendidirkan pabrik semen tersebut ,meskipun sangat merugikan bagi masyarakat di masah yang panjang pemerintah hanya memikirkan masa sekarang bukan msa depan ,menurut saya sebaiknya pemda manggarai timur lebih memperhatikan sektor pertanian karna pembangunan yang paling penting menuju ke suatu pembangunan ya itu dari desa yaitu sektor pertanian bukan industri ,jadi sebaiknya jangan membodohi masyarakat dengan iming-iming keuntungan dari pabrik semen tersebut ,belum tentu masyarakat di manggarai timur dapat bekerja di pabrik tersebut.
    (Yulianus B. pangga)

    ReplyDelete
  35. Wacana di atas memang sangat penting bagi kita semua sekaligus sebagai tantangan bagi kita untuk memberikan argumentasi positif ataupun mencari solusi terbaik dalam hal menyatukan konsep kuat yang beragam sehingga apa yang menjadi keputusan final adalah yang terbaik bagi semua. Kita ketahui bahwa pembangunan pabrik semen di Lingko Lolok dan Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan LambaLeda menjadi perdebatan publik. Hal ini pasti terjadi karena memang adanya perbedaan cara pandang dari beberapa kalangan kuat. Pro tambang lebih melihat pada pertumbuhan ekonomi sedangkan bagi anti tambang lebih melihat pada keberlanjudan alam, peningkatan kesejahteraan, kualitas kehidupan dan lingkungan umat manusia tanpa mengurangi akses dan kesempatan kepada generasi yang akan datang untuk menikmati dan memanfaatkannya.
    Pembangunan Pabrik Semen memang dapat memajukan pertumbuhan ekonomi namun dibangunnya Pabrik Semen ini tidak serta merta menguntungkan semua pihak. Penduduk yang berdekatan dengan Pabrik tersebut, khususnya petani tentunya pasti dirugikan yang mana mata air menjadi berkurang bahkan kering yang menyebabkan banyak para petani gagal panen, polusi udara, kesehatan terganggu, dan kerusakan alam lainnya sehingga diharapkan kepada pemerintah untuk memberikan solusi atau keputusan final terbaik demi kesejahteraan rakyat.
    (Yolenta N. Titin)

    ReplyDelete
  36. Perencanaan pembangunan pabrik semen di Kabupaten Manggarai Timur,di desa Satar Punda,tepatnya dilingko Solok.Perencanaan pembangunan semen tersebut banyak pihak yang mengalami pro dan kontra mengenai perencanaan pembangunan pabrik semen tersebut.kalau dipikir secara positif dengan adanya pabrik semen didesa Satar Punda kab.manggarai timur bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat desa Satar Punda dan sekitarnya,selain membuka lapangan pekerjaan baru,pendapatan daerah kab.manggarai timur akan meningkat dan daerah yang tertinggal akan mengalami perubahan ketaraf hidup yang lebih baik.
    Kalau dipikir secara negatif dengan hadirnya pabrik semen didesa Satar Punda dapat menyebabkan kerusakan lingkungan,dan gangguan saluran pernapasan bagi masyarakat dan struktur tanah menjadi kurang subur.

    Dalam masalah diatas peran pemerintah sangat penting,artinya pemerintah harus mempertimbangkan dengan baik,agar tidak merugikan berbagai pihak.

    (KAROLUS RAMBAK)

    ReplyDelete
  37. Dari Artikel tentang pembangunan pabrik semen di atas,sya mengambil kesimpulan di lihat dri visi misi yg mreka buat adalah membawa perubahan dn mensejahterakan masyarat yg ada di sana. Oklah mmang kebijakan pemerintah dengan tujuan baik,tapi disisi lain pemerintah harus benar melihat dari segi dampakx,apakah masyarakat sekitar merasa nyaman dgn adax pabrik tersebut.? Apakah saat pebrik tersebut dijalankan saat proses pembuangan hasil limbah apa tdk dpat merusak lingkungan pada saat musim tertentu.? Dan dgn visi misi yg di buat untuk mensejahterakan masyarakat,apa betul mreka sangat trbantu dgn itu.??? Mungkin bagi sebagian masyarakat yg berpendidikan oklah mreka trbantun karena dgn dgn ilmu pengetahuan yg mreka dapat. Tapi disini bagaimana dgn masyarakat yg tdk berpendidikan lebih.?? Apakah mreka masih bisa diterima untuk bekerja.? Jika ia palingan hax sebagai buru kasar. Jadi sya harap pemerintah benar2 memikirkan sejauh mungkin khusus untk kesejahteraan masyarakat yg harusx merata dan pendapatan perkapita mreka bisa meningkat,biar visi misi yg dibuat sesuai dgn realita yg mreka jalankan saat di lapangan. (GRACIA DANGGUT)

    ReplyDelete
  38. Dalam masalah ini pemerintah seharusnya bersikap kritis, dengan tidak melanjuti pembukaan pabrik semen di kabupaten manggarau timur, karena hal tersebut akan membawa dampak negatif bagi masyarakat yang tinggal didaerah tetsebut, pemerintah seharusnya melakukan tindakan yang sesuai dengan yang diharapkan agar tidak terjadi kerusuhan. Karena masyarakat yang tinggal didaerah tersebut hanya bergantung pada penghasilan dari lahan mereka sendiri.dan pemerintah seharusnya melakukan tindakan yang tidak merugikan kedua bela pihak. (Elisabeth Y. Melin)

    ReplyDelete
  39. Dari wacana tentang rencana pembukaan pabrik semen di lingko lolok manggarai timur ini, menurut pemikiran saya pembukaan pabrik tersebut memang bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat manggarai timur, tapi yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah pembukaan pabrik itu bisa Menjamin kesejahteraan bagi masyarakat ataukah itu hanya kata kata belaka yang hanya diungkapkan untuk menenangkan hati masyarakat saja? Jangan sampai nantinya masyarakat semakin miskin, sementara perusahaan bersama pejabat daerah dan pusat semakin kaya raya. Karena itu adalah sumber kehidupan yang paling berharga bagi masyarakat Manggarai Timur. Pembuatan semen tersebut juga membawa dampak buruk bagi masyarakat karena akan menyebabkan hilangnya sumber sumber penghidupan warga dan tercabutnya hak warga atas sumber penghidupan subsistensinya.Walaupun menurut Bapak Bupati manggarai Timur bahwa industri semen sengaja dibangun dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,tetapi secara tidak sadar, itu adalah salah satu cara merendahkan serta melukai martabat manusia dan budaya manggarai, karena kampung ( Beo dengan Naga Beo/naga tanah) dan tanah direduksi sebagai komoditas belaka berdasarkan asas manfaat semata, padahal disanalah terletak nilai,identitas,dan jati diri orang manggarai timur. Boleh saja pembangunan pabrik semen itu dibuka, asalkan Masyarakat setempat harus ikut ambil bagian sebagai pelaku utama bersama dalam investasi semen dengan prasyarat secara legal formal, bukan sekedar ritual adat saja. Terimakasih
    (BEATRIX DASILVA LAJAM)

    ReplyDelete
  40. Pembangunan pabrik semen dilingko lolok memang mensejatrakan masyarakat dalam ekonomi masyarakat,dimana masyarakat dikerjakan dalam industri tersebut.Namun hal negatifnya dengan buka industri semen membuat warga resah,baik dalam lingkungangan,maupun dalam lahanya terlebih khusus petani akan kehilangan lahanya,merusak lingkunganya,dengan demikian saya sebagai masyarakat akan menolak hal tersebut Karna akan merasakan hal yang sama seperti dirasakan oleh masyarakat desa lingko lolok.
    Untuk itu pemerintah harus membuka mata untuk mempertimbangkan hal terkait,jangan pikir masa sekarang,pikir juga dimasa yang akan datang.
    (DONATUS MAGAS)

    ReplyDelete
  41. Dari artikel tentang pembangunan pabrik semen di lingko lolok, manggarai Timur diatas dapat dilihat bahwa pemerintah berusaha untuk menyejahterakan masyarakat manggarai timur dan sekitarnya. Karena dengan membangun pabrik tersebut pemerintah bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan atau pengangguran. Apalagi pemerintah mempunyai kekuasaan yang sah untuk membangaun perekonomian masyarakat. Akan tetapi sebagian masyarakat menolak pembangunan pabrik tersebut, karena mungkin mereka berpikir bahwa pembangunan pabrik tersebut nantinya bisa merusak lingkungan di sekitarnya, apa lagi masyarakat disana banyak yang bekerja sebagai petani.

    ReplyDelete
  42. Dari artikel tentang pembangunan pabrik semen di lingko lolok manggarai timur ini, dapat dilihat bahwa pemerintah berusaha untuk menyejahterakan masyarakat manggari timur dan sekitarnya. Karena dengan membangun pabrik tersebut pemerintah bisa menyediakan lapangan pekrjaan bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Apalagi pemerintah mempunyai kekuasaan yang sah untuk membangun perekonomian masyrakat.
    Akan tetapi, sebagian masyrakat menolak pembangunan pabrik tersebut, karena mungkin mereka berpikir bahwa pembangunan pabrik tersebut nantinya bisa merusak lingkungan disekitarnya, apalagi masyarakat disana banyak yang bekerja sebagai petani.
    ( SULASTRIANA MURNI)

    ReplyDelete
  43. Wacana tentang pembangunan pabrik semen dilingko lolok dan luwuk, desa satar punda, kecamatan lambaleda menjadi tranding topik dikalangan masyarakat saat ini.
    Pemerintah kabupaten manggarai Timur memiliki landasan pijak pada rencanana pembangunan jangka menengah daerah untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan maksimal potensi wilayah yang dimilikinya, Apalagi kabupaten manggarai Timur salah satu daerah yang teringgal status yang cukup miris apalgi dihadapan tanah manggarai timur yang subur serta salah satu penghasil kopi terbanyak di NTT khususnya.
    Tindakah yang diambil saat ini memang benar bagi mereka yang setuju akan hadirnya tambang semen tersebut.
    Ketika pabrik semen tersebut hadir sebagian dari kita berpikir PAD (pendapatan asli daerah) akan meningkat secara signifikan, infrastruktur akan lebih baik dari sebelumnya serta penyerapan tenaga kerja dan kehidupan ekonomi masyarakat akan menjadi lebih baik.
    Iyaa bisa saja akan seperti itu ketika pabrik semen hadir
    Apakah pemerintah daerah manggarai Timur hanya berpikir dampak positifnya saja? Apakah pemerintah daerah tidak berpikir dampak negatif dengan hadirnya pabrik ini?
    Seperti dampak bagi alam sekitar, masalah kesehatan dan berbagai masalah lainya yang cendrung negatif.
    Dengan hadirnya pabrik semen tersebut masyarakat diiming-iming akan bekerja di pabrik tersebut, iyaa itu benar tetapi apakah yakin mampu bersaing dengan tenaga kerja asing dari segi kemampuan?

    Pemerintah menganggap dengan hadirnya pabrik semen ini kehidupan masyarakat akan lebih baik,kenapa harus dengan pabrik untuk mensejahterakan masyarakat? Apakah yakin dengan hadirnya tambang ekonomi masyarakat akan lebih baik?
    Ketika pabrik tersebut mengrekrut tenaga kerja (putra daerah) itu lebih cendrung menjadi buruh kasar
    Sekian🙏

    (Maria Trivoni ingging)

    ReplyDelete
  44. Wacana tentang pembangunan pabrik semen dilingko lolok dan luwuk, desa satar punda, kecamatan lambaleda menjadi tranding topik dikalangan masyarakat saat ini.
    Pemerintah kabupaten manggarai Timur memiliki landasan pijak pada rencanana pembangunan jangka menengah daerah untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan maksimal potensi wilayah yang dimilikinya, Apalagi kabupaten manggarai Timur salah satu daerah yang teringgal status yang cukup miris apalgi dihadapan tanah manggarai timur yang subur serta salah satu penghasil kopi terbanyak di NTT khususnya.
    Tindakah yang diambil saat ini memang benar bagi mereka yang setuju akan hadirnya tambang semen tersebut.
    Ketika pabrik semen tersebut hadir sebagian dari kita berpikir PAD (pendapatan asli daerah) akan meningkat secara signifikan, infrastruktur akan lebih baik dari sebelumnya serta penyerapan tenaga kerja dan kehidupan ekonomi masyarakat akan menjadi lebih baik.
    Iyaa bisa saja akan seperti itu ketika pabrik semen hadir
    Apakah pemerintah daerah manggarai Timur hanya berpikir dampak positifnya saja? Apakah pemerintah daerah tidak berpikir dampak negatif dengan hadirnya pabrik ini?
    Seperti dampak bagi alam sekitar, masalah kesehatan dan berbagai masalah lainya yang cendrung negatif.
    Dengan hadirnya pabrik semen tersebut masyarakat diiming-iming akan bekerja di pabrik tersebut, iyaa itu benar tetapi apakah yakin mampu bersaing dengan tenaga kerja asing dari segi kemampuan?

    Pemerintah menganggap dengan hadirnya pabrik semen ini kehidupan masyarakat akan lebih baik,kenapa harus dengan pabrik untuk mensejahterakan masyarakat? Apakah yakin dengan hadirnya tambang ekonomi masyarakat akan lebih baik?
    Ketika pabrik tersebut mengrekrut tenaga kerja (putra daerah) itu lebih cendrung menjadi buruh kasar
    Sekian🙏

    (Maria Trivoni ingging)

    ReplyDelete
  45. Dalam masalah ini, sebenarnya Pemerintah harus bertindak lebih keritis untuk menyikapi masalah ini.. Karena Pembangunan Pabrik Semen di Matim itu belum tentu bisa membawa kesejahteraan bagi Masyrakat. Namun disis lain akan muncul berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, seperti apakah masyrakatnya,sejahtera atau tidak,dan apakah lingkungan disekitarnya dapat dilestarikan dengan baik atau tidak? Nah disinilah Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur harus bekerja sama yang baik dengan Masyrakatnya agar tidak ada kesalahpahaman dalam membangun pabrik semen tersebut..

    (Maria Suryati Saliman)

    ReplyDelete
  46. Dalam masalah ini, sebenarnya Pemerintah harus bertindak lebih keritis untuk menyikapi masalah ini.. Karena Pembangunan Pabrik Semen di Matim itu belum tentu bisa membawa kesejahteraan bagi Masyrakat. Namun disis lain akan muncul berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, seperti apakah masyrakatnya,sejahtera atau tidak,dan apakah lingkungan disekitarnya dapat dilestarikan dengan baik atau tidak? Nah disinilah Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur harus bekerja sama yang baik dengan Masyrakatnya agar tidak ada kesalahpahaman dalam membangun pabrik semen tersebut..

    (Maria Suryati Saliman)

    ReplyDelete
  47. Dalam masalah yang terjadi saat ini yaitu pembangunan pabrik semen di desa satar punda yang bertempatan di lingko lolok dan luwuk memang sampe sekarang belum menemui titik akhir untuk pembangunan pabrik semen tersebut dimana masyarakat dan pemetintah akan menyetujui atau tidak dengan pembangunan pabrik semen tersebut.
    Kalau dilihat dari segi positifnya dengan adanya pembanguna pabrik semen memang masyarakat akan tidak mengalami kesulitan untuk mencari material dalam pembangunan gedung dll.
    Tapi Kalau dilihat dari segi negatifnya masyarakat sekitar itu akan mengalammi kerugian yang sangat besar dimana lahan pertanian mereka dihabiskan
    Demikian pendapat yang saya ajukan
    ( PETRUS SOKAR )

    ReplyDelete
  48. Dari masalah di atas seharusnya pemerintah bisa membuka mata dan hati untuk melihat dampak dari pembangunan pabrik semen di lamba leda.Seharusnya pemerintah harus melihat dampak dari pembangunan pabrik semen tersebut.kita harus mengingat anak cucu kita nanti,jangan semua kekayaan alam di bumi Matim ini kita gunakan saat ini.dan juga seharusnya pemerintah melihat masalah dari pembangunan pabrik tersebut.jika di lihat satu sisi dengan kehadiran pabrik semen di Lamba Leda maka bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar itu.tapi yang jadi pertanyaanya adalah apakah semua masyarakat bisa terserap untuk bekerja di pabrik tersebut?
    Karena namanya pabrik itu yang di butuhkan adalah orang- orang yang mempunyai skill dan keterampilan.
    Jadi tidak semua orang bisa di serap pada pabrik tersebut.
    Jadi ini yang di pertanyakan.
    Maka seharusnya pemerintah bisa membuka mata dan hati lagi untuk melihat resiko dari pabrik tersebu.
    ( YASINTUS GONSA )

    ReplyDelete
  49. Dalam permasalahan ini pemerintah harud bertindak kritis dlm pembangunan pabrik semen.belum tentu membawah kesejahteraan bagi semua masyarakat dimanggarai timur.karna tdk semua masayarakat bisa bekerja dipabrik semen trsebut.tentunya org yg bekerja di pabrik semen trsebut hnya org trtentu saja dan dipilih oleh pihak perusahan...

    ReplyDelete
  50. Dalam masalah ini,Menurut saya keputusan yang dibuat oleh Pemerintah Manggari Timur yaitu membangun pabrik Semen dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat diManggari Timur, itu memang sebuah keputusan yang membawa suatu perubahan bagi Daerah Manggari Timur ,yang mana selama ini diketahui bahwa Manggari termasuk dalam Daerah yang tertinggal.akan tetapi dalam masalh ini keputusan Pemerintah Manggarai Timur seharusnya dipikirkan secara baik baik akan dampak yang akan terjadi dari keputusan yang dirancang, karna akan menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat terkait dengan keputusan dari Pemerintah Manggarai Timur tersebut,apakah membagun pabrik semen tersebut tidak merusak lingkngan sekitar karna limbah dari baprik tersebut?bukankah kita sebagai manusia untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan?, apakah pemerintah diManggari Timur sudah yakin akan merekrut semua masyarakat dimanggari Timur yang tidak memiliki pekerjaan pokok untuk bekerja dipabrik semen tersebut, walaupun mereka tidak memiliki skil dan kemampuan dalam bekerja dibagian pabrik semen?bukankah suatu perusahan itu merekrut kariyawanya yang memang memiliki kemampuan atau skil sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahan? Oleh bkarena itu , dalam masalh ini keputusan yang dibuat oleh pemerintah di Manggarai Timur itu bukanya untuk mensejahterkan masyarakat di Manggarai Timurdan membawah Daerah Manggarai Timur itu kedalam suatu perubahan yang baik lebih maju , malah membuat hidup masyarakat semakin melarat karena lahan pertania mereka digunakan untuk membagun pabrik, so menurut saya jika memang Pemerintah Manggari Timur menginginkan untuk Daerahnya lebih maju lagi, dan mensejahterkan masyarakatnya itu masih begitu banyak strategy ataupu cara lain yang haeus dibuat atau rancang oleh pemerintah tanpa merugikan pihak manapun, karna ini bukan hanya untuk kesejahteraan masyarakat Manggari Timur sja , akan tetapi untuk kesejahteraan kita bersama menjga lingkungan dengan baik...Demikian pendapat dari saya .Trimakasih

    ReplyDelete
  51. permasalah yang di paparkan dalam artikel ini tetang wacana pembangunan pabrik semen di lingko lolok dan luwuk, desa satar pundak kecamatan lamba leda kab manggarai timur flores NTT. Dapat menarik perhatian warga net dan bahan diskusi bagi warga setempat, karena dalam wacana tersebut kedua belah pihak mempunyai sudut pandang yang berbeda yang menimbulkan pro dan kantrak. Dimana pihak masyarakan dan pihak pemerintah.
    Di pihak masyarakat berpandangan bahwa wacana pembangunan pabrik semen di lingko lolok dan luwuk bisa memberikan dampak yang negatif bagi mereka seperti, kurangnya lahan pertanian, pencemaran lingkungan karena lumba industri dan kerusalan alam sekitarnya. Sedangkan di pihak pemerintah berpandangan bahwa dengan adanya seorang investor yang berinvestasi di desa tersebut bisa membawah dampat positif bagi masyarakat NTT pada umumnya dan warga matim terlebih khususnya. Karena dengan adanya pembangunan pabrik semen bisa menyerap tenaga kerja yang begitu banyak.maka secara otomatis pengguran berkurang, pertumbuan ekonomi masyarakat meningkat, tingkat kemiskinan pun berkurang.
    jadi menurut saya solusi yang terbaik atas tegangnya permasalahan di atas pemerintah harus terbuka dan membekikan penjelasan yang detail atas wacana pembangunan pabrik semen tersebut agat masyarakat benar2 mengerti tujuan pemerintah mengizinkan seorang investor berinvestasi di desa tersebut. karena tidak semuanya masyarakat awam mengerti tanpa penjelasan dan hati terbuka bagi pemerintah.

    (LUNNA TANGGU)di panggil Lukas

    ReplyDelete
  52. Dalam kasus pembangunan pabrik semen di Lingko Lolok dan Luwuk, pemerintah bermaksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi wilayah tersebut. Keputusan yang dibuat oleh Pemerintah Manggari Timur, yaitu menerima tawaran investor dengan mendirikan pabrik semen tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Manggari Timur. Memang merupakan keputusan yang membawa suatu perubahan yang mungkin positif bagi daerah Manggari Timur. Selama ini kita semua tahu bahwa Manggarai dan Manggarai Timur termasuk dalam Daerah yang masih tertinggal dan sedang dalam proses peningkatan taraf hidup masyarakatnya. Akan tetapi, dalam masalh ini keputusan Pemerintah Manggarai Timur seharusnya dipikirkan secara matang terkait dampak negatif yang mungkin akan timbul dari keputusan yang dibuat.
    Kebanyakan masyarakat menolak hadirnya pabrik semen tersebut. Menurut warga dengan hadirnya pabrik semen akan mengancam kesejahteraan mereka dan anak-cucu mereka, apalagi tanah tersebut merupakan warisan dari leluhur serta menjdi sumber penghasilan masyarakat setempat. Dari isu- isu tersebut, pandangan saya tentang kehadiran pabrik semen lebih mengacu pada ketidaksejahteraan masyarakat, karena belum tentu pekerja direkrut dari daerah tersebut, dan bila tanah warga dijadikan pabrik semen tentunya warga akan tempat tinggal, kehilangan pekerjaan sebagai petani yang kemudian menyebabkan semakin meningkatnya pengangguran dan kemiskinan di daerah Lingko Lolok. Apalagi masyarakatnya masih trauma dengan kejadian beberapa waktu lalu, yaitu rusaknya lingkungan hidup akibat adanya penggalian tambang.
    Pembangunan memang merupakan hal utama yang menunjang kesejahteraan masyarakat, karena dalam hal ini berkaitan dengan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi warga Lingko Lolok dan Luwuk, yang menyebabkn pendapatan per kapita meningkat. Akan tetapi dengan hadirnya pabrik semen belum tentu menjamin ketersediaan lapngan pekerjaan tersebut. Pembangunan harus memberikan benefit bagi seluruh aspek dalam suatu daerah. Maka, perlu adanya diskusi antara elemen masyarakat dan pemerintah. Diskusi ini diharapkan keputusan akhir benar- benar dpat mensejahterakan masyarakat dan bukan sekedar janji peningkatan taraf hidup.
    Bila dipikir secara logis, dengan berdirinya pabrik semen di lahan warga tidak akan mensejahterakan rakyat. Hal ini dikarenakan, setiap pekerja tentunya adalah tenaga ahli dalam bidang tersebut dan pastinya didatangkan dari luar daerah. Sangat kecil sekali kesempatan bagi warga setempat bekerja disana nantinya. Mungkin ada warga yang bisa bekerja, tetapi kebanyaan hanya sebagai buruh kasar. Seperti yang kita ketahui belum tentu pendapatan warga akan meningkat bila bekerja sebagai buruh kasar, mungkin lebih baik mereka tetap menjadi petani. Seharusnya pemerintah lebih memikirkan aspek pembangunan dari segi peningkatan hasil pertanian daerah Lingko Lolok dan Luwuk. Meningkatkan pendapatan per kapita tidak harus mendirikan pabrik semen, yang di perlukan hanya mengembangkan hasil dari daerah sendiri khususnya memusatkan perhatian di bidang pertanian. Karena, potensi terbesar di daerah tersebut adalah hasil panen.
    ( AGUSTINA HELENA NDELOS )

    ReplyDelete
  53. Pemerintah manggarai timur harus mengambil langkah yang tepat serta kebijaksabaan dalan pabrij semen di manggarai timur seperti yang kita ketahui bahwa lahan yang akan menjadi tempat pabrik semen ini sebelumnya menjadi sumber penghasilan masyarakat matim.
    Pembangunan daerah menjadi alasan utama dalam menentukan pilihan sikap manggarai timur untuk menerima tawaran investor untuk melakukan investasi.logika yang dibangun adalah keterhubungan antara terciptannya lapangan kerja,keterserapan tenaga kerja,pendapatan perkapita naik dan kemakmuran ekonomi menjadi muara akhir dari pembangunan itu.Logika ini merupakan kerja dengan tujuan final bahwa akhirnya masyarakat yang mereka pimpin mencapai kesejahtera. (MARIA SARINI PUTRI.593.1.18.164)

    ReplyDelete
  54. Dalama masalah ini,pabrik semen di kabupaten Matim membuat masyrakat untuk membangun sebuah lapangan kerja. Menurut saya dilihat dari visi dan misinya itu membantu masyrakat Matim untuk mendapatkan kerja bagi masyrakat tersebut,dan bagi pengusaha pabrik semen jangan memikirkan hal yang negatifx tetapi harus memikirkan hal postif bagi masyrakat Matim.
    (Martina Daus)

    ReplyDelete
  55. Menurut saya pabrik semen yang sedang diperbincagkan oleeh masyarakat maupun pemerintah sekarang ini kita perlu mengambil langkah yang tegas dan jelas untuk menindaklanjuti masalah ini.... Karena jika pembangunan ini diteruskan maka bisa berdampak positif maupun negatif untuk kitaa semua...memang pembangunan ini bisa mensejahterakan para pekerja yang masih membutuhkan lapangan pekerjaan...
    Kita jangan hanya memikirkan hal positifnya pikirlah kedepan dan teruss menatap perubahan yang terjadi nantinya....

    Kita tidak boleeh menjerumuskan saudar/i kitaa yg berada disekitar lingkungan pabrikk inii....
    Karena jika diadakan pembangunan tersebut para masyarakat pasti mengalami kesusahan dalam melakukan pekerjaannya dan mereka tentunya tidak bisa lgii memelihara lahan pertanian ya itu

    ReplyDelete
  56. Program pembangunan pabrik semen di Manggarai Timur sangat meresahkan masyarakat dan menimbulkan kisruh. pemererintah harus jeli dalam mengambil keputusan atas dasar lebih mengedepankan masyarakat dulu, memang program pembangunan dan ini sangat membantu dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat matim. Apalagi kabupaten matim saat ini masih tertinggal jauh dalam hal pembangunan.
    Tapi apakah program ini dapat memenuhi , membantu masyarakat untuk keluar dari zona ketertinggalan? Munculnya pelbagai masalah sehinggaa masyarakat sebagian tidak menyetujui dengan adanya pembangunan ini
    Karna belum tentu dapat mensejahterakan masyarakat. Dilihat juga dari penyerapan tenaga kerja. Toh, belum tentu tenaga kerjanya dari masyarakat daerah setempat karna , mungkin dari spesifik, skill yang ada pada masyarakat setempat dapat memenuhi standar. Dan dilihat juga dari dampak pembangunan tersebut apakah dapat menjaga kelestarian lingkungan alamnya,? Saya setuju dengan pendapat masyarakat yang masih memikirkan untuk masih mau mempertahankan dampak ekosistem, antropologisnya,
    Jadi, Sebaiknya pemerintah matim harus mempertimbangkan dari berbagai aspek dalam pengambilan keputusan
    Kita tau juga bahwa dengan adanya pembangunan pabrik semen ini juga akan membawa perubahan. Tapi kita juga harus berpikir bahwa dalam perubahan ini juga akan berdampak dalam berbagai hal yang semoga tidak mengecewakan masyarakat di kemudian hari.
    ( Antonia Sanit )

    ReplyDelete
  57. Dalam masalah ini sebenarnya pemerintah harus bertindak lebih kritis dan membuka mata untuk menyikapi masalah ini....... memang jika dilihat dari visi dan misinya bahwa tujuan pembangunan tersebut untuk mensejahterakan masyarakat, tapi sisi lain juga pemerintah harus memikirkan dampak dari dari pembangunan tersebut misalnya kerusakan lingkungan alam.... namun disisi lain akan muncul berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh pemerintah kabupaten Manggarai timur, Maka dari itu pemerintah harus memikirkan lebih matang lagi dalam mengambil keputusan, karena karena pembangunan ini bukan hanya berpengaruh positif saja melainkan juga memikirkan sisi negatif terhadap masyarakat sekitar.....
    (NATALIA LUMUT)

    ReplyDelete
  58. Ketenangan hidup warga kampung Luwuk dan Lingko lolok,desa Satar pundar, kecamatan lamba leda trganggu. Dari 60 KK yang ada d kampung luwuk, 41 KK Tdk mempumyai sawah sementar sisanya 19 KK memiliki sawah.dri 19 KK pemilik sawah tersebut,8 KK mendukung dan 11 menolak pembangunan pabrik semen.alasan penolakan Maximus warga kampung mengatakan dari penelurusan PT IMM pemiliknya sama dengan PT instindo mitra perdana (IMP) yang menambang batu mangan di tanah Ulayat warga kampung serise tetangga lolok, Luwuk.penghentian operasi trjadi akibat terbitnya undang-undang baru yang mewajibkan perusahaan tambang mangan bangun smelter sendiri untuk ekspor bahan mentah d China.(Maria Yanti Kurnia Lawe)

    ReplyDelete
  59. Dalam permasalahan ini, menurut saya tujuan dari keputusan yang dibuat oleh Pemerintah Manggarai Timur ini memang sangatalah benar dan sy stuju akan itu dimna tujuannya untuk mensejahterkan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Manggari Timur dan itu bisa memebawa suatu perubahan bagi Manggarai Timur dimna slama ini sering diperbincangkan bahwa MangggraiTimur itu termasuk dalam daerah yang tertinggal , namun disis lain saya berpikir bahwa cara atau keputusan yang dilakukan oleh pemerintah Manggari Timur ini yaitu membuka pabrik semen itu menurut saya keputusan ini bukannya itu membawa suatu kesejahteraan atau suatu perubahan bagi masyarakat Manggarai Timur malah membuat perekonomian masyarkat setempat itu semakin menurun atau melarat karena lahan pertanian merekapun digunakan untuk membuka perubsahan pabrik semen..Dalam masalh ini jg dalam pikiran sya menimbulkan pertanyaan atas keputusan dari pemerintah Manggrai Timur ini, dimna dengan adanya membuka pabrik semen ini itu akan merusak lingkungan dari Limbah pabrik semen tersbut, pertanyaanya bukankah kita sebagai masyarakat harus menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita? Begitupula degn alasan dari pemerintah Manggari Timur ini yaitu untuk membuka lapangan pekerjaan ,apakah Pemerintah sudah yakin bahwa dengan membuka perusahan pabrik semen ini akan merekrut semua masyarakat diManggrai Timur yg tidak memiliki pekerjaan pokok dan dimna merka jga tidak mempunyai skil atau kemampuan dalam bekerja dipabrik untuk bekerja di pabrik tersebut?bukankah suatu perusahan itu merekrut kariyawanya sesuai dengan kebutuhan dari perusahan yaitu orang" yang mempunyai kemampuan dalam hal bekerja yang sesuai dibutuhkan oleh perusahan? Menurt saya apabila Pemerintah Manggari Timur ini memang benar" niat untuk membawah suatu perubahan yang terbaik bagi Daerahnya dan untuk mensejahterkan masyarakatnya , untuk keputusan yang dibuatnya ini harus dipikirkan kembali krna menurut saya masih begitu banyaknya cara atau strategi lainya yang mna tdk merugikan pihak manapun untuk membawah suatu perubahan yang terbaik bagi Daerahnya dan membuat masyarakanya untuk hidup lebih sejahter...Demikian pendapat dari saya ,Trima kasih ( Fira Anita Antur)

    ReplyDelete
  60. Berbicara mengenai kesejahteraan masyarakat, pembangunan memang merupakan salah satu penunjang taraf hidup bagi masyrakat. Namun, pembangunan yang akan dilaksanan atau direalisasikan harus melihat dari sisi pandang masyrakat juga. Apakah pembangunan yang ada ditengah-tengah masyrakat ini akan membawa dampak positif bagi masyrakat atau sebaliknya nanti.
    Pembangunan dapat menunjang taraf hidup masyrakat setempat, jika pembangunan tersebut, akan membawa dampak positif bagi masyrakat setempat dan juga pembangunan yang ada di tengah-tengah masyrakat ini dapat menjaga lingkungan setempat. Karena kesejahteraan masyrakat bukan hanya tentang dengan pendapatan yang tinggi, tetapi dengan lingkungan yang bersih dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat setempat.
    Menurut saya, pembangunan yang akan didirikan di Manggarai Timur ini khususnya desa Lingko Lolok dan Luwuk ini, kecil kemungkinan adanya kesejahteraan jika adanya pabrik semen tersebut, mengapa? Karena warga di desa Lingko Lolok dan Luwuk lebih berpotensi di bagian pertanian, warga setempat berpenghasilan dari hasik pertanian mereka. Bayangkan saja, jika dibangun pabrik semen, bagaiamana mereka akan bekerja dalam pabrik tersebut? Mungkin cuman sebagian kecil masyarakat yang akan mengerti akan pekerjaan dalam pabrik semen tersebut. Pabrik semen memang dapat menunjang taraf hidup dari masyarakat setempat, namun kurang menjanjikan untuk masyarakat yang kesehariannya bertani.
    Kiranya pemerintah atau yang menyetujui atas pembangunan tersebut juga melihat dari sisi pandang masyrakat yang bertani, jika dibangun pabrik semen dapat mengganggu atau menghambat pendapatan dari masyrakat yang bertani dan jika terjadi seperti itu, maka kesejahteraan masyrakat akan menurun bukannya meningkat. Maka dari itu, kiranya pemerintah dapat mengambil keputusan yang sudah betul-betul "disaring" agar tidak terjadi ricuh nantinya dan keputusan tersebut juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Lingko Lolok dan Luwuk tersebut. ( Chindy N. C Ratu Lobo)

    ReplyDelete
  61. Dari artikel ini keputusan pemerintah daerah untuk menerima kehadiran pabrik semen di daerah Lingko Lolok itu membawa pengaruh buruk bagi masyarakatnya. Apabila pabrik tersebut didirikan maka masyarakat setempat akan kehilangan tempat mata pencahariaannya. Sebagaian besar masyarakat di daerah Lingko Lolok berprofesi petani, jadi kedatangan pabrik tersebut sangat buruk untuk kelangsungan hidup masyarakat daerah Lingko lolok. Masyarakan nantinya akan mengalami kekrisisan akan hasil pangan. Ada pernyataan dari pihak pabrik yaitu "untuk mensejahterakan masyarakat" sementara dalam keberlangsungan pabrik nantinya, tentu membutuhkan tenaga kerja profesional yang didatangkan dari luar daerah, sementara masyarakat didaerah lingko lolok berprofesi sebagai petani hanya akan dijadikan buruh kasar dalam pabrik tersebut, jadi pernyataan mensejahterakan masyarakat lataknya dimana??
    Yang perlu diperhatikan disini pemerintah harus melihat sisi negatif yang akan menghantui kehidupan masyarakatnya. (Ernestasia Seliman)

    ReplyDelete
  62. Dari artikel ini keputusan pemerintah daerah untuk menerima kehadiran pabrik semen di daerah Lingko Lolok itu membawa pengaruh buruk bagi masyarakatnya. Apabila pabrik tersebut didirikan maka masyarakat setempat akan kehilangan tempat mata pencahariaannya. Sebagaian besar masyarakat di daerah Lingko Lolok berprofesi petani, jadi kedatangan pabrik tersebut sangat buruk untuk kelangsungan hidup masyarakat daerah Lingko lolok. Masyarakan nantinya akan mengalami kekrisisan akan hasil pangan. Ada pernyataan dari pihak pabrik yaitu "untuk mensejahterakan masyarakat" sementara dalam keberlangsungan pabrik nantinya, tentu membutuhkan tenaga kerja profesional yang didatangkan dari luar daerah, sementara masyarakat didaerah lingko lolok berprofesi sebagai petani hanya akan dijadikan buruh kasar dalam pabrik tersebut, jadi pernyataan mensejahterakan masyarakat lataknya dimana??
    Yang perlu diperhatikan disini pemerintah harus melihat sisi negatif yang akan menghantui kehidupan masyarakatnya. (Ernestasia Seliman)

    ReplyDelete