Tuesday 9 June 2020

Melawan Pemiskinan Rentenir Berwajah “Koperasi” - Catatan Reflektif RAT XV Kopkardios


Foto: Pengresmian Kantor KSP Kopkardios

Kanisius Teobaldus Deki
Ketua Kopkardios, Dosen STIE Karya

T
atkala membaca berita media ini (Flores Pos) bulan Januari-April setiap tahun, tentang pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kredit (Kopdit) di NTT, ada dua kesan yang mendalam. Pertama, berita itu menghadirkan harapan akan perbaikan ekonomi masyarakat. Kopdit menjadi salah lembaga keuangan yang dalam banyak hal membantu masyarakat kelas bawah.

Selain itu, yang kedua, ada ironi dalam kenyataan ini. Provinsi yang menjadikan Kopdit sebagai salah satu jargonnya belum juga maksimal mengentaskan kemiskinan secara total. Hingga Maret 2015, penduduk Nusa Tenggara Timur  yang miskin sebanyak 1.159,84 ribu orang (22,61 persen). Jumlah ini meningkat 168 ribu orang bila dibandingkan pada September 2014 hanya berjumlah 991,88 ribu orang atau 19.60 persen dari total penduduk (Antaranews, 16/09/2015).  Pertanyaan yang mengemuka dari kenyataan ini, seberapa besar peran Kopdit membantu pengentasan kemiskinan di wilayah ini? Pertanyaan ini menjadi sulit persis pada saat yang sama Kopdit dihadapkan dengan rentenir baru berwajah “koperasi harian”.

Artikel ini memperlihatkan kenyataan kontradiksi antara maksud baik hadirnya Kopdit dan hadirnya rentenir-rentenir dengan nama koperasi seraya berusaha menemukan jalan keluar terbaik.


Spirit Awal Kopdit

A
wal mula, koperasi kredit (Kopdit) dimaksudkan untuk membantu orang miskin. Adalah wali kota Flammers Field-Jerman, Friedrich Wilhelm Raiffeisen berefleksi bagaimana menolong orang miskin. Raiffeisen merasa prihatin dan ingin menolong kaum miskin yang lapar dan telah di-PHK perusahaannya. Mula-mula ia mengundang orang-orang kaya untuk menggalang bantuan dan berhasil mengumpulkan uang dan roti, kemudian dibagikan kepada kaum miskin. Dalam perjalanan ditemukan ternyata derma tak memecahkan masalah kemiskinan. Kemiskinan datang dari cara berpikir yang keliru. Sikap hidup yang boros, bergantung pada pihak lain merupakan sebab lain kemiskinan.

Raiffeisen berpendapat bahwa kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh orang miskin itu sendiri. Orang miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan pinjaman adalah watak para peminjam. Itulah cikal bakal dari kelahiran koperasi bernama Credit Union (CU) artinya, kumpulan orang-orang yang saling percaya. Motto yang menguat, “the poor helping the poor.”


Melawan Rentenir Berwajah Koperasi

B
erlawanan dengan spirit awal Kopdit besutan Raiffesen, kehadiran “Koperasi Harian” sungguh meresahkan masyarakat. Bunga yang tinggi (20%-40%), sistem pelayanan yang beraroma kekerasan dan ancaman serta penyitaan adalah kenyataan yang sering dikeluhkan masyarakat pengguna (user). Dari sisi bunga pinjaman saja jelas kelihatan bahwa sistem keuangan semacam ini mencekik orang yang membutuhkan jasa keuangan mereka. Akibatnya, yang miskin tambah dipermiskin lagi dan menciptakan orang miskin baru melalui utang pinjaman yang sering sulit dibayar kembali.

Bagaimana mengatasi hal ini? Pertama, membangun kesadaran dalam diri peminjam bahwa sistem peminjaman uang semacam ini tidak wajar dalam bisnis keuangan yang standar. Selain itu, masyarakat tidak mudah terprovokasi ke dalam budaya instan untuk mendapatkan uang namun memperberat peminjam pada akhirnya. Dalam ranah inilah, peran Kopdit melaksanakan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat sangat urgen.

Kedua, peran pemerintah daerah. Kehadiran Koperasi Harian ditengarai makin kuat karena ketidakjelian dinas perkoperasian melakukan pemantauan terhadap semua koperasi yang ada dalam wilayah pengawasannya. Sikap tegas dibutuhkan masyarakat sebagaimana dilakukan dinas perkoperasian kabupaten Manggarai Timur, menangkap staf dari salah satu Koperasi Harian yang sudah meresahkan warganya (Pos Kupang, 22/01/2015). Sikap tegas itu, melindungi masyarakat dari pemahaman yang keliru tentang usaha perkoperasian.

Ketiga, Kopdit berusaha terus menerus untuk menciptakan produk keuangan yang memudahkan anggota masyarakat demi menjawabi kebutuhan mereka. Sebagai missal, untuk memenuhi kebutuhan petani, dijawab dengan pemberian pinjaman musiman. Setelah mereka menuai hasil, pinjaman baru dapat dibayar dengan bunga yang rendah.

Usaha Kopkardios

H
ingga di tahun buku ke-15, Kopkardios telah setia melayani anggota untuk memenuhi kebutuhannya. Kopdit ini telah berusaha memberikan bunga rendah  untuk menjembatani keterjaminan adanya uang yang cukup untuk anggota yang berjumlah 8.371 orang. Dengan jumlah anggota terbanyak datang dari kalangan petani, nelayan, tukang dan ibu rumah tangga (62%) menyodorkan bukti bahwa Kopkardios berusaha dengan segenap hati memproteksi kelompok yang rentan terhadap rentenir.

Produk pinjaman musiman yang diberikan kepada petani dan nelayan menjadi salah satu andalan Kopkardios dalam melayani anggotanya. Selain itu, kerja sama dengan para pihak seperti Asosiasi Petani Kopi Manggarai (Asnikom) menjadi jalan lapang untuk membebaskan kelompok rentan ini dari para rentenir di level pertama. Dengan sebaran anggotanya yang hampir merata di desa-desa tiga wilayah kabupaten Manggarai Raya, Kopkardios melayani masyarakat yang jauh dari lembaga financial lain. Sebuah kesetiaan dan pilihan dasar (optio fundamentalis) untuk membantu masyarakat bebas dari belenggu rentenir yang masih membayangi kelompok rentan.*** 


(Dipublikasikan pertama oleh HU Flores Pos, 18 Maret 2016).


49 comments:

  1. Kaloo di Lihat dari segi kemudahan Untuk peminjaman Memang Koperasi Harian menawarkan Pinjaman dengan Hanya bermodal KTP dan prosesnya cepat kadang masyarakat Hanya melihat Dari segi Kemudahan Dalam Peminjaman Dan pencairan Dana tanpa memikirkan efek lain seperti bunga yang besar Selain Itu pegawai koperasi Harian Awalnya saat menawarkan Pinjaman terlihat ramah sopan Dan baik kadang masyarakat selalu menilai sesuatu Itu dari bagaimana seseorang Itu Bisa menarik Perhatian Dengan cara Bicara yang sopan saat menawarkan tetapi pada saat penagihan Mereka seperti tidak mau tau Dan Hilang sikap sopannya Selain itu Mereka juga Seperti mempermalukan nasabah Saat nasabah tidak punya Uang Mereka Menagihnya Dengan cara kasar dan Juga ancaman sehingga Meresahkan nasabah yang meminjam Dari mereka.
    Saya rasa Kehadiran Kopkardios Di Manggarai Raya ini Bisa sekali mengatasi Masalah Keuangan Dari masyarkatbatau nasabah tetapi perlu juga adanya Sosialisasi Tentang Kopkardios di tengah masyarakat karena masyarakat biasanya perlu sekali Di dampingi Dan Diterangkan Tentang Koperasi, perlu juga Penerangan agar nasabah tidak tergiur dengan Koperasi yg menawarkan Kemudahan dalam pencairan tetapi Sangat meresahkan nasabah
    Benediktus Y. B Belawa 593.1.18.140

    ReplyDelete
  2. Di Manggarai Timur koperasi harian berwajah rentenir merajalela, luput dari perhatian pemerintah. Kata credere=saling percaya, melahirkan istilah koperasi credit (kopdit) sebagai kumpulan orang yg saling percaya, tentu harus terdaftar sebagai anggota dulu. Masukan uang pangkak, simpanan wajib dan simpanan sukarela dlm tempo paling kurang 6 bulan baru diberi pinjaman. Mengapa rentenir menamakan diri sebagai koperasi? Tidak memiliki legalitas, tdk punya anggota, AD/ART,poljak dan harus memenuhi kewajiban lain, tapi menamakan diri koperasi? Ironis, pemerintah Manggarai Timur tidak berhasil menertibkan rentenir.

    ReplyDelete
  3. Ahshshshwhehhebebbeeben2nn22nj2wnnwjwjwjwjjekkejnwwjnejdnnwk

    ReplyDelete
  4. Dari artikel diatas rentiner melawan pemiskinan koperasi berdamapk bagi masyrakat kecil terciptanya pola ketergantungan yang tinggi antar anggota sehingga tidak mandiri,pola pikir yang buruk disetiap anggota,rentan adanya jurang pemisah antara sirajin dan si miskin dengan hadirnya kopkardios di manggarai raya kopdit berusaha terus menerus untuk menciptakan produk keuangan yang memudahkan anggota masyarakat demi menjawab kebutuhan mereka,mewujudkan kesejahteraan anggota,kesejahteraan bisa diwujudkan jika kebutuhan ekonomi anggota bisa disediakan koperasi secara cepat,mudah,terjangkau dan bermutu.(Valeriana Jedia/593.1.18.176)

    ReplyDelete
  5. Kehadiran koperasi ini dapat membangun kesejahtrraan masyarakat terutama dalam bidang financial untuk memenuhi kebutuhan hidp masyarakat. Dengan melihat kebutuhan ekonomi kehadiran koperasi ini dapat mengembangkan kegiatan usaha masyarakat,mengurangi tingkat pengangguran serta membantu para penganggur untuk mengelola usahanya sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    Dampak negatif kehadiran koperasi harian dapat meresahkan perekonomian masyarakat atas bunga yang tinggi dan sistem pelayanan yang beraroma kekerasan dan ancaman serta penyitaan.Oleh sebab itu masyarakat yang miskin tambah dipermiskin lagi dan menciptakan orang miskin baru melalui utang pinjaman yang sering sulit dibayar kembali.
    SOlusinya yaitu masyarakat minta pengurangan bunga sehingga ada kemungkinan bisa membayar sesuai dengan kemampuan dibayar.
    (HONORATA SARINA GABUT)

    ReplyDelete
  6. Kehadiran koperasi di masyarakat tentu sudah tidak asing lagi karena kehadirnnya sangat dibutuhkan oleh berberapa masyarakat karena menurut mereka dengan adanya koperasi ini dapat membantu kebutuhan masyarakat..ada juga beberapa masyarakat yang mengeluh dengan kehadiran koperasi ini menurut mereka bunga yang diberikan sangat tinggi sementara mereka hanya mendapatkan pinjaman yang sedikit...yang di mohonkan masyarakat sekarang kepadah pihak koperasi untuk menurunkan bunganya.
    ( YULIANA YOVITA SERA)

    ReplyDelete
  7. Elisabeth Y. Melin10 June 2020 at 21:31

    Kalau dilihat dari segi kemudahaan untuk peminjaman keuangan pusat investasi pemerintah keuangan, dapat dikatakan sebagai salah satu tantangan utama bagi pengembangan usaha dalam akses permodalan, menurut saya meskipun koperasi sudah sangat menjamur,tapi keberadaan koperasi belum dapat menjadi solusi permodalan sehingga ini yang menyebabkan masih banyaknya pelaku usaha yang lebih memilih menarik pinjaman.
    Memang koperasi harian menawarkan pinjaman dengan peroses yang cepat,kadang masyarakat hanya melihat dari segi kemudahaan dalam peminjaman dan pencarian dana tanpa memikirkan efek lain seperti bunga yg besar.
    Dampak negatif dari kehadiran koperasih harian dapat meresahkan perekonomian masyarakat atas bunga yang tinggi.karena itu koperasi harian hanya membawa kemudahan untuk sementara sja.(ELISABETH Y.MELIN)

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya kopkardios dimanggarai raya bisa membantu perekonomian masyarakat,dengan memberikan produk minjaman musiman yang diberikan kepada petani dan masyarakat yang membutuhkan uang menjadi salah satu andalan kopkardios dalam melayani anggotanya.selain itu kerja sama dengan para pihak seperti asosiasi petani kopi manggarai,menjadi jalan lapang untuk membebaskan kelompok rebtan ini dari para renternir level pertama.kopkardios melayani masyarakat jauh dari lembaga financial lain.Sebuah kesetiaan dan pilihan dasar untuk membantu masyarakat dari rebternir yang masih membayangi kelompok rentan (Maria Sarini Putri)

    ReplyDelete
  9. Kalau dilihat dari segi kemudahaan untuk peminjaman keuangan pusat investasi pemerintah keuangan, dapat dikatakan sebagai salah satu tantangan utama bagi pengembangan usaha dalam akses permodalan, menurut saya meskipun koperasi sudah sangat menjamur,tapi keberadaan koperasi belum dapat menjadi solusi permodalan sehingga ini yang menyebabkan masih banyaknya pelaku usaha yang lebih memilih menarik pinjaman.
    Memang koperasi harian menawarkan pinjaman dengan peroses yang cepat,kadang masyarakat hanya melihat dari segi kemudahaan dalam peminjaman dan pencarian dana tanpa memikirkan efek lain seperti bunga yg besar.
    Dampak negatif dari kehadiran koperasih harian dapat meresahkan perekonomian masyarakat atas bunga yang tinggi.karena itu koperasi harian hanya membawa kemudahan untuk sementara sja.(ELISABETH Y.MELIN)

    ReplyDelete
  10. Berdasrkan artikel diatas menjelaskan bahwa kopdit awalnya dapat mensejahterakan masyarakat melalui perekonkmiannya sperti kopkardios yang melayani kebutuhan anggotanya dengan memberikan pinjamn dengan suku bunga yang rendah...namun disisi lain ada jenis koperasi yang dapat meresahkan masyarakat yaitu koperasi harian....kehadiran koperasi harian tersebut ditengah masyarakat dapat membawa dampak buruk bagi perekonomian masyarakat itu dilihat dari segi suku bunga yang sangat tinggi, yang menyebabkan peningkatan perekonomian dimasyarkat semakin menurun seperti orang miskin menjadi tambah miskin dan juga menciptakan orang miskin baru melalui utang pinjamn yang sering kali sulit di bayar kembali, selain itu dari segi pelanyanannya juga sangat buruk dimana dalam koperasi harian ini menggunakan kekerasan, ancaman, dan penyitaan. Sehingga koperasi harian ini tidak cocok diterapkan dimasyarakat dalam hal peningkatan perekonomian.
    Solusinya : nasabah harus membangun kesadarn dalam diri sendiri apakah sistem pinjamn semacam itu sesuai tidak dengan perekomian yang ada, jangan mudah terpengaruh oleh budaya instan untuk mendapatkan uang yang pada akhirnya akan mempersulitkan diri sendiri.
    Juga kopdit harus memenuhi kebuthan masyarakat dengan membrikan suku bunga yang rendah, memberikan pinjaman musiman dengan bunga yang rendah
    ( ELIANA JELIMUN

    ReplyDelete
  11. Berdasarkan artikel diatas dapat menjelaskan bahwa kopkardios dimanggarai raya bisa membantu kebutuhan masyarakat dengan memberikan pinjaman kepada nasabah yang membutuhkan uang. Dan juga bagaimana cara kopradios untuk melayani nasabah dengan baik. Karna banyak yang saya lihat,saat menagih utang mereka menagih dengan cara kasar dan juga ancaman sehingga meresahkan nasabah yang telah meminjam uang dari mereka.semoga dengan kehadiran kopkardios ini semoga dapat mengatasi masalah-masalah yang ada. (Listariana setia)

    ReplyDelete
  12. Berdasarkan artikel diatas dapat menjelaskan bahwa kopkardios dimanggarai raya bisa membantu kebutuhan masyarakat dengan memberikan pinjaman kepada nasabah yang membutuhkan uang. Dan juga bagaimana cara kopradios untuk melayani nasabah dengan baik. Karna banyak yang saya lihat,saat menagih utang mereka menagih dengan cara kasar dan juga ancaman sehingga meresahkan nasabah yang telah meminjam uang dari mereka.semoga dengan kehadiran kopkardios ini semoga dapat mengatasi masalah-masalah yang ada. (Listariana setia)

    ReplyDelete
  13. Berdasarkan artikel diatas menjelaskan bahwa kopkardios dapat mensejahterakan masyarakat dan membantu masyarakat Manggarai raya melalui perekonomian seperti kopkardios yang melayani kebutuhan anggotanya dengan memberikan pinjaman dengan suku bunga yang rendah,dan kehadiran koperasi dimasyarakat sudah tidak asing lagi karena banyak masyarakat juga yang membutuhkannya, masyarakat juga berpikir bahwa koperasi dapat membantu keuangan masyarakat..... Koperasi juga kalau dilihat dari suku bunga yang tinggi itu dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat, tetapi semua itu tergantung dari cara masyarakat mengelola atau memakai uang koperasi tersebut itu kalau menurut saya
    Terimakasih 🙏
    (NATALIA LUMUT)

    ReplyDelete
  14. Artikel di atas menerangkan di mana kehadiran kopdit yang awalnya sangat membantu perekonomian masyarakat dan kesejahteraan kehidupan manggarai raya dengan memberikan pinjaman dengan suku bunga yang rendah. Di sisi lain, juga muncul jenis koperasi yang meresahkan masyarakat dengan suku bunga yang tinggi. Termasuk di dalamnya adalah koperasi harian. Memang kehadiranya cukup membantu hanya saja kemudahan nya hanya sementara saja. Jadi,diharapkan untuk setiap koperasi suku bunganya jangan terlalu tinggi seperti kopkardios yang terus memberikan manfaat yang baik untuk nasabahnya.
    Terima kasih🙏
    (KRISTINA NONA KAJO)

    ReplyDelete
  15. Dari artikel diatas yang membicarakan tentang koperasi harian dan kopdit lainya.
    Jika di lihat dari segi kemudahan dan syarat yang lebih mudah itu koperasi harian.Tapi yang di permasalahan dari koperasi harian yakni bunga yang terlalu tinggi sehinga para nasaba sangat sulit untuk membanyar cicilannya.Dan juga dari nilai moralnya pada koperasi harian yang minim.
    Saya sangat senang dengan hadirnya koperasi kopkardios di Manggarai ini,di mana realita kehidupan orqng Manggarai pada umumnya yaitu mayoritas petani.Maka dengan hadirnya koperasi ini para petani bisa meminjam uang untuk keperluan sehari- hari pada kopdit kopkardios Rutemg.kopkardios merupakan sebuah lembaga keuangan yang non finansial yang bisa mengjangkau ke seluruh pelosok pedesaan di Manggarai ini.
    (YASINTUS GONSA)

    ReplyDelete
  16. Berdasarkan artikel diatas yang menjelaskan bahwa kopdit bisa membantu masyarkat untuk memenuhi kebutuhannya... Dengan memberikan pinjaman dengan suku bunga yang sangat rendah seperti kopkardios dimana kopkardios melayani anggotanya dengan setia/tulus untuk memenuhi semua kebutuhan. Namun saat ini, ada jenis koperasi yang tengah hadir di masyarakat yaitu koperasi harian.kehadiran koperasi ini telah membawa dampak yang buruk bagi masyrakat dimana koperasi harian ini dapat meresahkan masyrakat,itu dilihat dari segi suku bunga yang tinggi yang menyebabkan perekonomian masyarkat semakin melemah, sehingga orang miskin menjadi tambah miskin. Selain itu dari segi pelayanannya juga sangat buruk karena melakukan kekerasan, ancaman dan penyitaan.
    Solusi: koperasi harian hrus menurunkan suku bunga sehingga dapat mempermudahkan anggotanya untuk memenuhi kebutuhan, dalam melakukan tagihan kepada anggota tidak boleh menggunakan kekerasan, ancaman ataupun penyitaan.
    ( FRANSISKUS X. SYUKUR)

    ReplyDelete
  17. Dalam hal ini tentunya masyarakat sangat mudah di bodohi dengan di imin-imingi dengan melakukan pinjaman bersifat harian masyarakat dengan cepat mendapat kan uang ,tampa memikirkan dampak setelah melakukan pinjaman tersebut,berdasarkan realita di kehidupan masyarakat setiap orang yang melakukan pinjaman koperasi harian pasti akan mengalami nasib yang buruk ,disini kita lihat bagaimana cara penagihan yang dilakukan oleh pegawai koperasi harian yang bersifat memaksa bahkan bisa dibilang sebagai rentenir yang datang setiap saat di depan rumah membuat para nasabah merasa ketakutan ,seolah-olah masyarakat tersebut melakukan sebuah tindakan kriminal,yang pada awalnya bersifat membantu kini berubah menjadi suatu pemaksaan bahkan penyiksaan disini kita lihat koperasi harian juga mempunyai bunga yang sangat tinggi.
    Menurut solusi saya sebaiknya pemerintah harus melakukan sebuah tindakan tegas terhadap koperasi harian tersebut ,tentunya mengawal bagaimana cara koperasi tersebut memberi sebuah pinjaman kepada masyarakat dan proses pengihannya jangan buat masyarakat miskin menjadi miskin .
    Yulianus B.Pangga

    ReplyDelete
  18. Seperti yang kita ketahui dikalangan masyarakat bahwa yang ada dipikiran masyarakat saat ini bahwa dengan adanya koperasi, maka kesulitan financialnya dapat diatasi tanpa disadari dan memahami jenis koperasi yang dapat mengatasi masalah financial mereka. Seperti ulasan yang ada diartikel tersebut mengenai koperasi harian yang memiliki dampak negatif terhadap peminjam. Semoga dengan adanya kopkardios sesuai dengan visi dan misinya dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat berkaitan dengan koperasi agar mereka dapat memahami dampak dari koperasi harian. Dan masalah financial masyarakat dapat diselesaikan dengan baik. (ESILIA SUSE).

    ReplyDelete
  19. Koprasi harian memang sangat membantu perekonomian dikalangan masyarakat kecil disaat sangat membutuhkan dana dimana dengan mudahnya segala persyaratan dan jaminana pinjamannya.Dengan ini masyarakat kecil juga dominan dengan mudah ini sehingga banyaknya masyarakat kecil yang melakukan pinjaman dikoprasi harian,tanpa mereka pikir panjang segala jenis resiko yang akan terjadi.
    Maka dari itu menurut pendapat saya pemerintah dan banķ Negara segera melakukan sosialisasi dikalangan masyarakat kecil memberikan pencerahan berkaitan dengan efek negativenya dari pinjaman koprasi harian.
    Dengan berkembanganya koprasi harian yang secara ilegal suatu waktu Bank Negara akan menurut dari pendapatannya,untuk itu pemerintah harus ambil alih dalam hal ini.
    (DONATUS MAGAS)

    ReplyDelete
  20. Koprasi harian memang sangat membantu perekonomian dikalangan masyarakat kecil disaat sangat membutuhkan dana dimana dengan mudahnya segala persyaratan dan jaminana pinjamannya.Dengan ini masyarakat kecil juga dominan dengan mudah ini sehingga banyaknya masyarakat kecil yang melakukan pinjaman dikoprasi harian,tanpa mereka pikir panjang segala jenis resiko yang akan terjadi.
    Maka dari itu menurut pendapat saya pemerintah dan banķ Negara segera melakukan sosialisasi dikalangan masyarakat kecil memberikan pencerahan berkaitan dengan efek negativenya dari pinjaman koprasi harian.
    Dengan berkembanganya koprasi harian yang secara ilegal suatu waktu Bank Negara akan menurut dari pendapatannya,untuk itu pemerintah harus ambil alih dalam hal ini.
    (DONATUS MAGAS)

    ReplyDelete
  21. Koperasi harian pada saat ini telah menjamur di kehidupan masyarakat manggarai,bahkan kebanyakan masyarakat manggarai lebih memilih meminjam uang di koperasi harian dibandingkan di bank dan badan keuangan lainya,ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh koperasi harian bagi peminjam,namun disamping kemudahan yang ditawarkan koperasi harian juga memberikab bunga yang cukup besar kepada para nasabah yaitu sekitar 20-40%,tentunya hal ini bertolak belakang dengan sifat koperasi pada dasarnya yaitu untuk mengentas kemiskinan,memang tidak semua koperasi yang ada di manggarai melakukan hal demikian,contohnya kopkardios yang memberikan pinjaman musiman kepada para petani yang pembayaranya dapat dilakukan setelah panen dengan bunga yang rendah,inilah contoh koperasi yang mendukung memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat kelas bawah di manggarai..
    Jalan keluar dari permasalahan yang terjadi saat ini yaitu perlunya kejelian dari masyarakat dalam hal mempertimbangkan kembali saat hendak meminjam uang ke koperasi harian,karena bukanya kemakmuran yang dicapai tapi sebaliknya yaitu kesengsaraan karena terbebani oleh bunga yang sangat besar yang diberikan koperasi harian,seharusnya masyarakat menyadari ketidak efisienan jika meminjam uang di koperasi harian,seharusnya masyarakat membuka mata terhadap koperasi yang benar-benar membangun seperti halnya kopkardios,disamping kesadaran dari masyarakat pemerintah juga harus memberantas koperasi ilegal yang lebih mirip rentenir dibanding koperasi seperti koperasi harian tersebut.
    (Timoteus Arlendo)

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Koperasi harian memang sangat membantu masyarakat. Apalagi syarat dan ketentuan nya tidak ribet yang membuat masyarakat tertarik untuk bergabung serta meminjam uang,tapi disisi lain koperasi harian ini tidak luput dari pandangan negarif dari masyarakat dikarenakan sikap dan cara para pegawainya tidak baik. Tindakan mereka iji membuat masyarakat kecil yidak bisa berbuat apa-apa. Saya katakan tidak bisa berbuat apa-apa,karena masyarakat kecil ini sebagiannya tidak memiliki penghasilan tetap,sehingga susah memdapatkan uang untuk membayar pada koperasi yang bersangkutan.
    Maka dari itu sebaiknya, pemerintah mengadakan sosialisasi yang berkaitan dengan koperasi agar masyarakat tidak lagi keliru untuk memilih koperasi yang baik. Sehingga masyarakat dapat dijauhkan dari koperasi ilegal. Dan pada akhirnya mendapatkan kehidupan yang baik dengan adanya bantuan dari pemerintah 🙂🙏
    ( ANTONIA APRILIA IBUT ) 🙂🙏

    ReplyDelete
  24. Seperti yang telah saya amati selama ini, tragedi yang terjadi di kalangan masyarakat Manggrai yang cendrung menggunakan prosedur pinjaman yang bersifat mudah dan sederhana seperti yang ditawarkan para rentainer dan koperasi harian. Menurut saya kekerasan dan kemiskinan yang terjadi berawal dari tidak adanya kesadaran dari pihak peminjam, bukan dari para rentainer dan koperasi harian. Masyarakat berpikir dengan meminjam uang ke rentainer atau ke koprasi harian akan mudah dan cepat mengatasi kendala keuangan yang sedang mereka hadapi, akan tetapi yang memunculkan konflik adalah masyarkat yang tidak bertanggun jawab. Hal ini karena, peminjam terkadang lupa diri atau bahkan lari dari utang yang membuat pihak pemberi pinjaman melkaukan kekerasan dengan menyita aset-aset yng menjadi jaminan.
    Sudah seharusnya pihak yang berlaku sebagai peminjam memiliki kesadaran yang tinggi terhadap utangnya agar tidak menimbulkan konflik kekerasan dan kemiskinan. Setiap manusia tentunya baik bila diperlakukan baik, begitupun para rentainer dan koperasi harian, akan tetapi semua manusia tentunya memiliki batas kesabaran. Setiap yang memberikan pinjaman tentunya bermaksud membantu, meskipun kendala yang diberikan para rentainer adalah bunga yang tinggi. Jadi menurut saya sebaiknya peminjam berpikir dua kali sebelum berutang ke para rentainer dan koperasi harian, dan yang penting meminjam sesuai kemampuan jangan memaksakan berutang terlalu banyak bila sudah tau bunga pinjaman tinggi. Bila berutang taulah sadar diri dalam hal membayar tepat waktu. Baik koperasi maupun rentainer setidaknya berusaha menolong peminjam yang sedang membutuhkan meskipun dengan perbedaan bunga yang kita anggap menyengsarakan, tetapi setimpal antara dana dan jaminan. Semua kembali kepda peminjam untuk berpikir logis untuk memutuskan meminjam uang ke para rentainer atau koperas.
    Dampak dengan hadirnya para rentainer dan koperasi harian memang membawa dampak negatif. Hal ini karena, penetapan bunga yang terlalu tinggi dan jangka waktu yang pendek. Tentunya menyebabkan kerugian bagi pihak peminjam, apalagi bila berutang melebih kemampuan. Solusinya adalah menjadi pribadi yang sederhana tanpa mengada-ada, artinya meminjam sesuai kebutuhan dan ada baiknya masyarakat meminjam ke pihak bank karna bank memberikanpinjaman dengan bunga yang kecil dan jangka waktu yang panjang, sehingga tidak meresahkan atau menyebabkan kemiskinan bagi masyarakat.
    (AGUSTINA HELENA NDELOS)

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Kehadiharan koprasi harian memang sangat menarik perhatian di tengah kalangan masarakat dengan demikian nasabah yg di dapat akan lebih mudah, tapi dengan demikian dampak yang di dapat sangat terasa oleh anggota karna dengan bunga yang begitu besar yang di berikan. Menurut saya pemeritah harus tegas dalam penetapan suku bunga koprasi artinya bunga yang di berikan tidak terlalu tinggi dan tidak membebankan masarakat yang kurang mampu. (FRANSISKUS TANTANG)

    15 June 2020 at 19:15

    ReplyDelete
  27. Dengan hadirnya koperasi sangat membantu masyarakat dari berbagai kalangan, dengan menawarkan suku bunga yang bervariasi sehingga menarik masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun ekonomi yang ada di masyarakat manggarai.
    dengan adanya koperasi ini banyak membantu masyarakat kecil untuk meningkatkan taraf kehidupannya. Jika di bayangkan bunga hariannya lebih kecil daripada koperasi kredit yang lain . dan disisni kita bisa melihat perbedaan antara koperasi lain dan kopkardios. Sejak berdirinya koperasi-koperasi yang ada di manggarai , kita bisa melihat cara kerja dari masing- masing koperasi. Semuanya ada baiknya semuanya sangat membantu masyarakat kecil dengan layanan pinjaman yang mereka dapatkan.
    Jadi dari sisi pelayannannya mana yang ,lebih baik disitu masyarakat harus jeli dalam menentukan dimana mereka harus meminjam.
    Setiap koperasi didirikan ada visi- misi yang baik dan sama-sama membangun
    Kita tdak bisa memaksa keadaan hidup itu apa adanya , jangan meminjam lebih dari, tapi meminjam sesuai dengan kemampuan untuk membayar. kita harus tau hak dan kewajiban dari para peminjam. jadi jika meminjam uang kepada rentenir sangat bepengaruh terhadap masyarakat sebagai peminjam, memang sedikit menyusahkan akibat bunga yang diberikan para rentenir. tetapi meminjam uang di rentenir akan lebih cepat dan prosedurnya sederhana, sehingga masyarakat akan mudah terpenuhi.
    menurut saya, solusi agar para rentenir tidak melakukan kekerasan adalah kesadaran dari pihak peminjam untuk membayar utang sesuai tempo waktu yang telah sepakati kedua belah pihak.
    ( Antonia Sanit )

    ReplyDelete
  28. Seperti yg diketahui koperasi harian,mereka memberikan pinjaman kepada masyarakat guna untuk membantu masyarakat dlm memenuhi kebutuhan mereka dn bisa membantu menyelesaikan masalah yg ada. Tapi disini mereka memberikan pinjaman dgn bunga yg sangat tinggi,apakah dgn bunga yg sangat tinggi ini,apa mereka masih berpikir bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.??? Kalo menurut syaa itu sangat tidak membantu,karna mereka hanya membuat masyarakat yg miskin akan menjadi tambah miskin,karna dari artikel ini menjelaskan dgn penagihan yg sangat kasar dan sangat memaksamemaksa dgn cara penagihan mereka seperti itu,sangat membuat masyarakat ketakutan dn resah. Sehingga jalan keluar yg mreka pikirkan adalah dengan mengutang lagi atau bahkan menjual harta benda yg mereka miliki. Nah,dari situ kita bisa melihat koperasi harian tdk bisa membantu,malah membuat kita semakin miskin.
    Dengan adanya masalah sprti ini,hadirnya rentenir yg membuat masyarakat resah. Adapun usaha dari Kopkardios dgn visi misi yg mereka buat,sangat membantu masyarakat karna dengan bunga pinjaman yg rendah. Harapan saya,agar kopkardios tdk hanya memberikan pinjaman,tapi juga membantu masyarakat dgn memberikan arahan atau penjelasan agar mereka tidak mudah dibohongi oleh rentenir. (GRACIA DANGGUT)

    ReplyDelete
  29. Kita tahu bahwa kehadiran koperasi di Masyrakat itu tentu sudah tidak asing lagi. Karna kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyrakat,dengan adanya koperasi ini dapat membantu kebutuhan masyrakat.Dan ada juga masyrakat yang mengeluh dengan kehadiran koperasi ini karna menurut mereka bunga yg diberikan itu sangat tinggi sementara mereka hanya mendapatkan pinjaman yg sedikit. Yang diminta masyrakat sekarang kepada pihak koperasi itu untuk bisa menurunkan bunganya..
    (Maria Suryati Saliman/Npm:593.2.18.148)

    ReplyDelete
  30. Kita tahu bahwa kehadiran koperasi di Masyrakat itu tentu sudah tidak asing lagi. Karna kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyrakat,dengan adanya koperasi ini dapat membantu kebutuhan masyrakat.Dan ada juga masyrakat yang mengeluh dengan kehadiran koperasi ini karna menurut mereka bunga yg diberikan itu sangat tinggi sementara mereka hanya mendapatkan pinjaman yg sedikit. Yang diminta masyrakat sekarang kepada pihak koperasi itu untuk bisa menurunkan bunganya..
    (Maria Suryati Saliman/Npm:593.2.18.148)

    ReplyDelete
  31. kalo di lihat dari segi kemudahan koperasi harian memeng mudah memberikan pinjaman bagi masyarakat menengah kebawah atau masyarakat miskin yang membutukan untuk keperluan sehari hari. Tetapi koperasi juga memberikan kesulitan bagi masyarakat itu sendiri, karena bunga pinjaman yang bgitu tinggi sehingga masyarakat mengelu karena sulit untuk mengembalikannya. Menurut saya apabilah koperasi harian itu tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat menengah kebawah atau masyarakat miskin yang membutukan, koperasi seharusnya tidak memberikan bunga yang begitu tinggi sehingga masyarakat bisa untuk mengembalikannya.

    ReplyDelete
  32. kalo dilihat dari segi kemudahan koperasi harian memeng mudah memberikan pinjaman bagi masyarakat menengah kebawah atau masyarakat miskin yang membutukan untuk keperluaan sehari hari. Tetapi koperasi juga memberikan kesulitan bagi masyarakat itu sendiri, karena bunga pinjaman yang begitu tinggi sehingga masyarakat mengelu karena sulit untuk mengembalikannya.
    Menurut saya apabilah tujuan koperasi harian untuk membantu perekonomian masyarakat menengah kebawah atau masyarakat miskin yang membutukan, koperasi seharusnya tidak memberikan bunga yang begitu tinggi agar masyarakat bisa untuk mengembalikannya.
    (Lunna Tanggu)

    ReplyDelete
  33. Dengan keharidan koperasi, sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan dana yang dibutuhkan masyarakat.
    Koperasi membawa dampak positif bagi masyarakat dalam halnya perekonomian. Dalam koperasi terdapat berbagai produk yang dapat dipilih oleh masyarakat yang ingin bekerjasama (meminjam) kepada koperasi yang telah dipilih, dengan persyaratan persyaratan yang berlaku dalam koperasi tersebut. Bisa kita lihat dilingkungan sekitar bahwa banyak masyarakat yang menggunakan atau memilih produk "koperasi harian", disebabkan karena koperasi harian ini lebih mudah dalam prosedurnya, juga koperasi harian ini, masyarakatnya melihat itu lebih kecil pembayaran. Karena bayarnya tiap hari, dengan nominal yang kecil!! Itulah sebabnya banyak masyarakat yang menggunkan koperasi harian. Hadirnya koperasi dan rentainer bertujuan sama yaitu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dana atau modal untuk suatu hal atau memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri.
    Dampak negatifnya disini, kalau dilihat dari kenyataaan, kurangnya kesadaran dari para peminjam. Karena koperasi ataupun rentainer tidak akan melakukan kekerasan ataupun ancaman, jika yang berkawajiban memenuhi hak dari koperasi ataupun rentainer yang bekerjasama(meminjam) dengan mereka. Koperasi ataupun rentainer yang menyitah barang, itu bukanlah kekerasan melainkan itu barang tersebut adalah jaminan atau sebagai pengganti dana yang masyarakatnya tidak mampu mengembalikan apa yang mereka sudah gunakan. Maka cobalah memenuji kewajiban, agar hak pun dipenuhi dengan baik. Solusinya yaitu penuhi kewajiban maka hak pun terpenuhi, maka kekerasan atau ancaman tidak akan terjadi atau muncul antar kedua belah pihak. (Chindy N.C Ratu Lobo)

    ReplyDelete
  34. Seperti yang kita ketahui kehadiran koperasi harian bertujuan untuk membantu masyarakat kecil dalam memberi pinjaman dengan prosedur yang sangat mudah yaitu dengan jaminan KTP sajah.. disini saya berpendapat kehadiran koperasi harian dalam masyarak bukan untuk membantu melainkan mencari keuntungan dari kesempatan yang ada..dengan memberi pinjaman dengan prosedur cepat itu merupakan taktik dari koperasi harian sehinggag para masyarakat sangat mudah terpengaruh untuk meminjamkan uang tersebut. Ini sangat membawah hal negatif dikalangan masyarakat.kita pikirkan sajah kalau koperaai harian mempunyai niat untuk membantu para masyarakat kecil setidaknya bunga pinjaman jangan terlalu besar diberikan kepada peminjam..karena bunga yg diberikan terlalu besar bisah membuat sih peminjam jadi beban dan akan melakukan tindakan untuk melarikan diri dari kewajibannya.

    Solusi dari saya:

    para masyarakat kecil yg membutuhkan dana pinjaman sebaiknya meminjam dikoperasi kredit karena bunganya lebih kecil dan koprasi kredit ini juga bisa menjamib kesejahteraan peminjamnya.

    (THEODORA APRILINDA ARDILA)

    ReplyDelete
  35. Seperti yang kita ketahui kehadiran koperasi harian bertujuan untuk membantu masyarakat kecil dalam memberi pinjaman dengan prosedur yang sangat mudah yaitu dengan jaminan KTP sajah.. disini saya berpendapat kehadiran koperasi harian dalam masyarak bukan untuk membantu melainkan mencari keuntungan dari kesempatan yang ada..dengan memberi pinjaman dengan prosedur cepat itu merupakan taktik dari koperasi harian sehinggag para masyarakat sangat mudah terpengaruh untuk meminjamkan uang tersebut. Ini sangat membawah hal negatif dikalangan masyarakat.kita pikirkan sajah kalau koperaai harian mempunyai niat untuk membantu para masyarakat kecil setidaknya bunga pinjaman jangan terlalu besar diberikan kepada peminjam..karena bunga yg diberikan terlalu besar bisah membuat sih peminjam jadi beban dan akan melakukan tindakan untuk melarikan diri dari kewajibannya.

    Solusi dari saya:

    para masyarakat kecil yg membutuhkan dana pinjaman sebaiknya meminjam dikoperasi kredit karena bunganya lebih kecil dan koprasi kredit ini juga bisa menjamib kesejahteraan peminjamnya.

    (THEODORA APRILINDA ARDILA)

    ReplyDelete
  36. Hadirnya koprasi harian dengan bunga yang tinggi memang sudah lama diperbincankan di kalangan masyarakat manggarai. masyarakat dengan kebutuhan mendesak terpaksa meminjam uang pada koprasi harian tanpa memikirkan resiko yaitu bunga yang tinggi sedangkan pendapatan masyarakat rendah, dan koprasi ini setaip hari akan datang menagih tanpa peduli apakah masyakat tersebut mempunyai uang atau tidak, hal ini sangat meresahkan masyarakat. Dan yang terjadi akan tetap sama diamana masyarakat miskin akan semakin miskin.
    Hadirnya kopkardios dengan tujuan mensejahtrakan masyarakt dengan memberikan pinjaman sesuai profesi masyarakat manggarai yaitu sebagai petani, nelayan, dan lain-lain, yaitu memberikan produk pinjaman musiman sesuai dengan pendapatan yg diterima petani dengan bunga yang rendah bisa membantu menyelesaikan masalah kemiskinan dimanggarai.
    (Marselina Asat)

    ReplyDelete
  37. Dengan hadirnya koperasi harian masyarakat dpat membantu krisis perekonamian yang terjadi ..tetapi dlm sisi lain masyarakat tdk pernh sadar bahawa itu hanya sedikit membantu bukan berarti semata-mata dari koperasi harian karena dari situ bnyak masyarakat yang bermalas-malasan untuk bekerja keras.karena bnyak yang mengharapkan koperasi.tanpa mereka sadari juga bahwa uang yang mereka pinjam tdk lama mereka pinjam kaeren setiap hari utang di tagih..koperasi tdk mempedulikan keadaan masyarakay yg mereka tau utang harus di byar..
    Lebih baik jangan terlalu banyak mengutang di koperasi karena itu juga memprsulit keadaan

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Koprasi yang sesungguhnya adalah koprasi yg lebih mengutamakan edukasi pemberdayaan kepada masyarakat atau anggotanya,, misalnya mereka memberikan sosialisasi dan pelatihan secara berkala sebelum melayani simpan pinjam anggota, sehingga arah penggunaan uang tepat sasaran yaitu memberdayakan kehidupan masyarakat untuk menjadi lebih baik..

    Sedangkan rentenir yg berwajah koprasi biasanya langsung datang menawarkan pinjaman dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yg besar (lintah darat), mereka tidak pernah memikirkan atau memberikan pencerahan bagaimana penggunaan yg benar dari uang yang dipinjamkan,, yg lebih parahnya lagi para rentenir yg berwajah koprasi itu bahkan sebagian besar dari mereka sama sekali tidak paham apa itu koprasi, apalagi visi-misi dan prinsip-prinsipnya.. keterlibatan pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat, agar masyarakat tidak terjerumus dalam piutang yang menyebabkan aset seperti lahan akan lenyap seketika.

    ReplyDelete
  40. Dengan hadirnya koperasi harian sangat bantu bagi masyarakat,tetapi masyarakat tidak pernah tau kalau hanya membantu sedikit.Dan koprasinya sangat untung,karanan setiap hari mereka tagi.Lebih baik jangan terlalu menguntung dikoprasi karena itu juga mempersulit keadan masyarakat yang meminjam☺ (YASINTA RATINA)

    ReplyDelete
  41. Dengan hadirnya koperasi harian sangat bantu bagi masyarakat,tetapi masyarakat tidak pernah tau kalau hanya membantu sedikit.Dan koprasinya sangat untung,karanan setiap hari mereka tagi.Lebih baik jangan terlalu menguntung dikoprasi karena itu juga mempersulit keadan masyarakat yang meminjam☺ (YASINTA RATINA)

    ReplyDelete
  42. Dengan hadirnya koperasi harian sangat bantu bagi masyarakat,tetapi masyarakat tidak pernah tau kalau hanya membantu sedikit.Dan koprasinya sangat untung,karanan setiap hari mereka tagi.Lebih baik jangan terlalu menguntung dikoprasi karena itu juga mempersulit keadan masyarakat yang meminjam☺ (YASINTA RATINA)

    ReplyDelete
  43. Saya mengambil kesimpulan dari Artikel diatas bahwa naiknya tingkat kemiskinan di NTT bukan dipengaruhi oleh para rentenir melainkan karena akibat dari minimnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menentukan pinjaman. Dari sisi suku bunganya saja seharusnya masyarakat sadar untuk tidak melakukannya, tetapi dikarenakan proses pencairan dana yang begitu cepat masyarakat menjadi terhipnotis sehingga mereka tidak lagi memikirkan bunganya. Kesadaran dari pihak peminjam untuk bisa bertanggungjawab atas utangnya itu akan mengurangi terjadinya konflik antara rentenir dan peminjam. Terjadinya konflik itu karena adanya kelalaian dari pihak peminjam untuk membayar kewajibanya, dari sini kita ambil pelajarannya yaitu belajar untuk bertanggung jawab. Alasan utama para rentenir melakukan penyitaan aset karena pada perjanjian pinjaman sudah ditentukan apa yang menjadi jaminan apabila kewajibannya tidak dilusai. Saya rasa untuk tindakan penyitaan ini berlaku di setip pihak pemberi pinjaman. Jadi yang menjadi solusi untuk mengurangi tingkat kemiskinan yaitu masyarakat itu sendiri, dengan meningkatkan tingkat kesadarannya dan meningkatkan sikap tanggungjawab.
    (Ernestasia Seliman)

    ReplyDelete
  44. Kalau kita melihat proses peminjaman uang di koperasi harian Dan mingguan sangat mudah karena bagi calon nasabah hanya bermodalkan KTP saja Dan Dan pencairan uangnya sangat cepat namun masyarakat terlena dengan hal itu tanpa melihat besarnya bunga pada koperasi harian tersebut hal ini juga disebakan desakan kebutuhan dari si calon nasabah karena kehadiran koperasi sangat membantu masyarakat.
    Tetapi ada sebagian orang beranggapan bahwa kehadiran koperasi harian Dan mingguan juga membawa malah petaka bagi nasabah karena menimbulkan berbagai macam konflik ketika kesadaran dari nasabah berkurang mengenai kewajiban Yang harus mereka bayar
    Nah,disini sikap dari pegawai koperasi (bagian lapangan) menagih secara paksa, itu si sah-sah saja karena kesadaran dari nasabah berkurang namun etika dari pegawai koperasi ketika menagih kepada nasabah sebagian besar tidak bagus.
    Ada Yang membentak para nasabah, memasuki rumah nasabah tanpa permisi
    Ini tindakan tidak terpuji Yang berpengaruh bukan hanya si pegawai koperasi tetapi juga tempat dia bekerja dinilai kurang etis.
    (Maria Trivoni ingging)

    ReplyDelete
  45. Kehadiran koperasi harian memang sangat membantu kalangan masyarakat. Calon nasabah bisa mendapatkan uangnya secara mudah hanya dengan syarat seperti ktp. Banyak masyarakat yang tergiur akan uang yang mereka terima tanpa berpikir berapa tingkat bunga yang harus dibayarkan oleh mereka. Hal ini disebabkan oleh faktor kebutuhan ekonomi yang sangat terdesak.
    Kehadiran koperasi harian dan mingguan ini bisa membawa konflik antara si nasabah dan petugas koperasi apabila si nasabah sudah menggunakan uang yang dipinjam dari koperasi tetapi lupa untuk melakukan kewajiabannya untuk membayar bunganya.

    (Vinsensia M.Intan)

    ReplyDelete